Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Inkubator Bayi dengan Teknologi Whatsapp

Diki Rahsidin, Ritzkal Ritzkal, Ade Hendri Hendrawan

Abstract


Bagi orang tua masalah kesehatan anak atau buah hati merupakan suatu hal yang sangat penting. Terlebuh lagi bagi orang tua yang kurang beruntung melahirkan bayi dalam keadaan kurang sehat atau premature menurut dokter. Rumusan masalah pada penelitian adalah .(i) Bagaimana cara mendapatkan informasi suhu dan kelembaban inkubator bayi dengan aplikasi whatsapp ? .(ii) Bagaimana cara pengujian sistem pada inkubator bayi?.Terdapat beberapa tujuan penelitian diantaranya sebagai berikut.(i) Dapat mengetahui cara mendapatkan informasi suhu dan kelembaban dengan aplikasi whatsapp.(ii) Dapat mengetahui hasil pengujian sistem inkubator bayi.Metode dalam penelitian ini meliputi (i) analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan, dan analisis cara kerja, (ii) Desain yang terdiri dari Desain Perangkat Keras (Hardware), dan Desain Jaringan (iii) Implementasi terdiri dari Implementasi Perangkat Keras, Implementasi Perangkat Lunak, (iv) Pengujian Terdiri dari Pengujian sensor DHT11, Pengujian Lampu Pijar, Pengujian LCD i2c, Hasil Pengujian Sistem, Pengujian Relay, Pengujian Fan Dc, Pengujian Whatsapp. Pengkondisian suhu ruang inkubator di range 30˚C-37˚C, dan kelembaban pada range 30% RH – 75% RH. Saat pengujian pertama sensor DHT11 menunjukan kondisi suhu dan kelembaban pada ruang inkubator bayi dengan nilai suhu 24˚C, dan kelembaban 73%RH, maka kondisi suhu inkubator bayi tidak ideal, saat kondisi suhu tidak ideal LED hijau, buzeer akan ON, dan sistem inkubator bayi akan memberikan notifikasi ke whatsapp. Pengujian kedua dilakukan perbandingan sensor digital dan analog. Nilai perbandingan suhu digital dan analog 1.3˚C dan kelembaban 25.05% RH.

Full Text:

PDF

References


Andik Eko Kristus Pramuko, Siti Asyura, Arief Goeritno, Ritzkal.2017. Pengkondisian suhu ruangan berbantuan sensor LM35 dan Passive infrared (PIR) Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2017. 2017 Feb 4;

Ardiansyah Riyan, 2018 , Penerapan Notifikasi Whatsapp pada Smart Trash Menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) Berbantuan Arduino Mega 2560. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bogor:FTS Universitas Ibn Khaldun.

Dinata Irwan, Sunanda Wahri. 2015. Implementasi Wireless Monitoring Energi Listrik Berbasis Web Database. Jurnal Nasional Teknik Elektro, Vol: 4, No. 1.

Fitriadi Afrizal, Komalasan Endah, Gusmedi Herri. 2016 .Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Vol: 10, 2.

Ginting F Cristian.2015. Perancangan Inkubator Bayi dengan Pengaturan Suhu dan Kelembaban Berbasis Mikrokontroler ATmega8535. JurnalUniversitas Sumatera Utara. Medan. JSF Vol. 1 No.1.

Heri Mulyono YNY. 2018. Sistem monitoring suhu dan kelembaban pada inkubator bayi berbasis mikrokontroler. Jurnal Edik Informatika. 2018 Aug 28;V2.i1:123–30.

http://developer.erabelajar.com/api-application-programming-interface/ [diakses pada 24 April 2019]

https://dosen.perbanas.id/sistem-monitoring-dan-evaluasi-monev-system/ [diakses pada tanggal 06 Janurai 2019]

http://sidiq-purwanta.blog.ugm.ac.id [diakses pada 05 Januari 2019]

Ilham Aswan. 2017. Rancang Bangun Sistem Pengontrolan Suhu Inkubator Bayi Dan Sistim Monitoring Bagi Bayi Di Dalam Inkubator Berbasis Mini Pc. Tugas Akhir Tidak Diterbitkan. Padang. Politeknik Negeri Padang.

Keputusan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 118/Menkes/SK/2014. Tentang Kompendium Alat Kesehatan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Menteri Kesehatan Repulik Indonesia. [Online]. http://farmalkes.kemkes.go.id/?wpdmact=process&did=MTkzLmhvdGxpbms=. [diakses pada 16 mei 2019].

Majid Maulana. 2016. Implementasi Arduino Mega2560 Untuk Kontrol Miniatur Elevator Barang Otomatis. Skripsi Tidak Diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Muhammad Risnandar, Ade Hendri Hendrawan, Bayu Adhi Prakosa, Arief Goeritno, 2016, Implementasi Voice Over Internet Protocol (VOIP) Berbasis Session Initiation Protocol (SIP) Berbantu Briker Versi 1.4 Untuk Pengukuran Quality of Service Pada Jaringan Komputer di Fakultas Teknik UIKA Bogor. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016.

Ramadhan M Nafier, 2018, Smartphone dan Komunikasi Sosial (Studi Pengguna Whatsapp pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Skripsi Tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Islam Sunan Ampel Surabaya.

Ritzkal, Arief Goeritno, Keny Aldiansyah Mohammad Aziz, Andik Eko Kristus, Ade Hendri Hendrawan. 2017. Implementasi Sistem Kontrol Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO R3 Untuk Sistem Penetasan Telur Ayam. Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri.

Rosadi Aqwam. 2015. Sensor Parkir Mobil Berbasis Mikrokontroler AT89S51 dengan bantuan Mini Kamera. Jurnal Komputasi.

Sutanto Heri,Pramana Rozeff, ST.MT.,.Mujahidin Muhammad, ST.MT. 2015. Perancangan Sistem Telemetri wireless untuk Mengukur Suhu dan Kelembaban Berbasis Arduino Uno R3 ATMega328P dan XBEE PRO. Jurnal Umrah .Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjung Pinang.

Syafi’I Hazami, Prof. Dr. Ing. Soewarto Hardienata MIS M Kom. Pratama Angga Rahadhian, Kardian. 2018. Model Pengatur Suhu dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 dan Sensor DHT11. Journal Uin Alauddin.

Turang Octavianus Alexander Daniel. 2015. Pengembangan Sistem Relay Pengendalian dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Online. Seminar Nasional Informatika 2015 (semnasIF 2015) UPN ”Veteran” Yogyakarta, 14 November 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ