Purwarupa Alat Penyiram Tanaman Otomatis menggunakan Sensor Kelembaban Tanah dengan Notifikasi Whatsapp

Yophyana Firman Hidayat, Ade Hendri Hendrawan, Ritzkal Ritzkal

Abstract


Setiap tanaman akan mengabsorbsi kadar air secukupnya dari tanah untuk pertumbuhannya. Jika tanah telah menjadi kering dan kadar kelembabannya telah diredusir dibawah suatu limit maka tanaman akan mengalami kelayuan, demikian pula jika kadar air dalam tanah berlebihan maka akan menurunkan kadar oksigen di dalam tanah dan menyebabkan gangguan pernafasan pada akar (root respiration), mengurangi volume akar yang menaikkan tahanan untuk mengangkut air dan unsur hara melalui akar serta terbentuknya zat- zat racun.rumusan masalah dari penelitian ini terdiri dari (i) Bagaimana cara mendapatkan notifikasi penyiraman tanaman otomatis menggunakan sensor kelembaban tanah dengan aplikasi whatsapp? ,(ii)Bagaimana cara pengujian alat penyiram tanaman otomatis ?. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Dapat memberikan notifikasi penyiram tanaman menggunakan sensor kelembaban tanah dengan aplikasi whatsapp, (ii) Dapat mengetahui kelembaban tanah dan di tampilkan pada Lcd. Metode penelitian ini meliputi (i) analisis yang terdiri dari analisis kebutuhan dan analisis cara kerja, (ii)Desain yang terdiri dari desain perangkat keras dan desain jaringan, (iii)implementasi yang terdiri dari implementasi perangkat keras dan implementasi perangkat lunak, (iv) pengujian yang terdiri dari pengujian sensor soil moisture, pengujian lampu led, pengujian lcd, pengujian relay, pengujian pompa air dan pengujian whatsapp. Dari hasil pengujian pada alat penyiram tanaman otomatis menggunakan sensor kelembaban tanah dengan notifikasi whatsaap didapatkan hasil pengujian sensor soil moisture didapatkan kelembaban tanah melebihi 6.5 maka secara otomatis pompa air menyala. kesimpulan dari penelitian ini adalah (i) Mendapatkan notifikasi whatsapp pada setiap proses penyiraman dari alat penyiram tanaman otomatis menggunakan sensor kelembaban tanah dan (ii)Memperoleh informasi kelembanan tanah yang di tampilkan melalui Lcd.

Full Text:

PDF

References


Daniel Alexander Octavianus Turang. 2015. Pengembangan Sistem Relay Pengendalian Dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile. Semnasif 2015 76–85.

Erricson Zet Kafiar, Elia Kendek Allo, D.J.M. 2018. Rancang Bangun Penyiram Tanaman Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Kelembaban Yl-39 Dan Yl-69. J. Tek. Elektro Dan Komput. Vol.7 No.3, 267–276.

Goeritno A, Ritzkal R, Johan A. 2016. Kinerja Prototipe Sistem Elektronis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3 Untuk Pemantauan Analogi Instalasi Listrik. Jurnal Setrum Sist Kendali-Tenaga-Elektron-Telekomun-Komput. 2016 Dec 25;5(2):94–9.

Hanan Wisnu Wijaya, B.S.N., 2017. Perancangan Alat Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Yl69 Berbasis Arduino Uno R3. Inform. Univ. Amikom Yogyakarta. 1–6.

Jansen Silwanus Waker. 2015. Alat penyiram tanaman otomatis menggunakan Arduino Uno. Skripsi tidak diterbitkan.menado : Jurusan Teknik Elektro, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi Politeknik Negeri Menado

Nanda Mayani.2015. Pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomea reptans Poir) akibat perbedaan dosis kompos jerami dekomposisi mol keong mas.jurnal lentera. Lentera Vol. 15. No. 13. Juni 201559.

Riyan Ardiansyah. 2018 . Penerapan Notifikasi Whatsapp pada Smart Trash Menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) Berbantuan Arduino Mega 2560. skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Universitas Ibn Khaldun.

Suhardi Sitti Nur Faridah, Abdul Waris. 2014. Kinerja Sistem Kontrol Kadar Air Tanah Pada Operasi Sistem Irigasi Sprinkler. J Agri Techno. Mei 2014 Vol 6. No 2:1–9.

Turang Octavianus Alexander Daniel, 2015 , Pengembangan Sistem Relay Pengendalian dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile, Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ