Penerapan Monitoring Kunci Magnetic dan Lampu dengan menggunakan Mikrokontroler di Laboraturium Prodi Teknik Informatika

Pahri Muhammad Kasypurohman, Ade Hendri Hendrawan, Ritzkal Ritzkal

Abstract


Perkembagan teknologi diberbagai bidang mampu mempermudah kebutuhan manusia dengan ketelitian dan kecepatan serta ketetapan yang sangat tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi tersebut, peranan peralatan pralatan control sebagai penunjang aktivitas manusia sangat dibutuhkan di era modern ini.Rumusan masalah pada penelitian ini (i) Bagaimana cara membuat sistem pengunci pintu otomatis mengunakan magnetic doorlock?, (ii)Bagaimana mengetahui siapa saja yang telah menggakses sistem pengunci otomatis. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Membuat sistem pengunci pintu otomatis mengunakan magnetic doorloc dan (ii) Mengetahui siapa saja yang telah mengakses sistem pengunci otomatis. metode penelitian yang digunakan adalah analisis,perancangan,penerapan dan pengujian.hasil pengujian dalam penelitian ini meliputi Pengujian Tag Rfid 11769,Pengujian Magnetic Doorlock,Pengujian LCD,Pengujian Web,Pengujian rfid code 11745 dan (ii) Pengujian rfid code 11852. maka kesimpulan dari penelitian ini adalah (i) Pemanfaatan teknologi Radio F9iirequency Identification (RFID) dapat digunakan sebagai alat untuk mengakses kunci magnetik dan Sistem monitoring kunci magnetic berbasis web dapat mengetahui data kehadiran civitas dan mahasiswa di laboraturium prodi teknik informatika.

Full Text:

PDF

References


Andrian Muttaqin, Hafidudin, ST. ,MT, Eki Kurniawan,ST.,MSC, 2015. Pengecekan Pintu Dan Pengunci Otomatis Jarak Jauh Berbasis Sms Gateway Dan Mikrokontroller. E-Proceeding Appl. Sci. Vol.1, No.1, Page 854.

Juprianto renungan, D. wiria N., Yusuf Anshori, 2014. Sistem Pengaman Pintu Otomatis Menggunakan Radio Frequency Identification (Rfid) Tag Card Dan Personal Identification Number (Pin) Berbasis Mikrokontroler Avr Atmega 128. J. Mektrik Vol. 1 No. 1, 20–28.

Reky Febriyudhi, 2015. Analisis Pengembangan Jaringan Komputer Lokal Pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palembang. Universitas Bina Darma.

Matsarui A S. 2017. Penerapan Logika Fuzzy Dispenser menggunakan Bahasa C++ Dan PHP Perbantuan Mikrokontroler. Skripsi Tidak Diterbitkan. Bogor (ID) Universitas Ibn Khalden Bogor.

Sokop J S, Mamahit J D, Sompie S. 2016. Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. E-Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. 5(3): 2301-8402.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ