PENGEMBANGAN MODEL GRAFIK 3 DIMENSI MONUMEN NASIONAL DAN LINGKUNGAN SEKITARNYA DENGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY BERBASIS WEB

Bheta Agus Wardijono, F Hendajani, S A Sudiro, A I Ramadhani

Abstract


Monumen Nasional adalah merupakan tugu yang terletak di DKI Jakarta. Tugu ini merupakan simbol dari Jakarta dan merupakan monumen kebanggaan masyarakat Jakarta dan Negara Indonesia. Selain sebagai tugu, Monumen Nasional juga memiliki Museum tentang sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas, dalam penelitian ini telah dibuat dan dikembangkan model grafik 3D dari Monumen Nasional dan lingkungan sekitarnya. Teknologi Virtual Reality dimanfaatkan untuk dapat menampilkan visualisasi dari Monumen Nasional dan lingkungan sekitarnya dalam bentuk 3D. Teknologi pemrograman terkini memungkinkan untuk menampilkan objek 3D melalui browser internet. Dalam penelitian ini digunakan Unity3D dan WebGL sehingga model virtual reality yang telah dikembangkan dapat diimplementasikan dan ditampilkan pada suatu Website. Hasil dari penelitian ini adalah adanya Web 3 dimensi dari Monumen Nasional dan lingkungan sekitarnya yang dapat ditampilkan melalui Web browser, dengan cara dibagi menjadi sejumlah scene, agar dapat ditampilkan secara real time.


Full Text:

PDF

References


Aderhold, A., Jung, Y., Wilkosinska, K., & Fellner, D.W. 2013. Distributed 3d model optimization for the web with the common implementation framework for online virtual museums. In Digital Heritage International Congress (Digital Heritage), (Vol. 2, pp. 719-726). IEEE.

Auer M, Agugiarob G., Billena N, Loos L, Zipf A. 2014. Web-Based Visualization And Query Of Semantically Segmented Multiresolution 3d Models In The Field Of Cultural Heritage. In ISPRS Annals of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, Volume II-5.

Bakar, J. A. A., Jahnkassim, P. S., & Mahmud, M. 2013. User Requirements for Virtual Reality in Architectural Heritage Learning. Int. Journal of Interactive Digital Media, 1(1), 37-45.

Chanhoom W. 2014. A Centralized Web3D for Archiving and Viewing Cultural Artifacts Based on WebGL Technology, International Journal of Advances in Computer Science & Its Applications – IJCSIA Volume 4.

Jeginovic, S., Rizvic, S., & Chalmers, A. 2004. Interactive 3D models–From 3ds max to VRML..

Seok, K. H., & Kim, Y. S. (2014). Implementation of Interactive Web 3D Based Virtual Educational System using O3D-WebGL. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 9(4), 273-284.

Prandi F, Devigili F, Soave M, Di Staso U, and De Amicis. R, 2015. 3D web visualization of huge CityGML models. The International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, Vol. XL-3/W3, pp. 601-605. ISPRS Geospatial Week 2015, La Grande Motte, France.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ