DESAIN FREKUENSI KONTROL PADA HYBRID WIND-DIESEL DENGAN PID - PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO)

Authors

  • Erwin Dermawan Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Aditya Firmanto Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sitti Nurbaya Ambo Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ery Diniardi Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anwar Ilmar Ramadhan Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Kontroler PID merupakan alat pengontrol yang paling efektif dalam penerapanteknologi. Namun, dalam penerapan tersebut sering menjadikan kendala, karena dilakukansecara manual dan memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untukmembahas kinerja optimasi sistem hybrid pada sistem energi pembangkit listrik diesel dengantenaga angin dan membandingkan respon sistem   antara metode PID – PSO dengan metodePID – Firefly, khususnya pada overshoot. Metode penelitian yang digunakan dengan optimaltuning  berbasis algoritma Particle Swarm Optimization  (PSO) menggunakan Matlab Code,untuk sistem waktu  tunda  tertentu. Desain kontrol PID untuk sistem dengan waktu  tundatidaklah mudah. PID berbasis PSO mempunyai kelebihan dalam implementasinya stabil.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sistem ᮮontrol PID berbasis PSO ini memiliki kinerjarespon sistem yang baik dibandingkan metode PID – Firefly. Kata kunci : PID, PSO, Matlab, PID-Firefly

Author Biographies

Erwin Dermawan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Aditya Firmanto, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Sitti Nurbaya Ambo, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Ery Diniardi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Anwar Ilmar Ramadhan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Downloads

Published

2016-11-08

Issue

Section

Articles