DESAIN FREKUENSI KONTROL PADA HYBRID WIND-DIESEL DENGAN PID - PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO)
Authors
Erwin Dermawan
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Aditya Firmanto
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Sitti Nurbaya Ambo
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Ery Diniardi
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Anwar Ilmar Ramadhan
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstract
Kontroler PID merupakan alat pengontrol yang paling efektif dalam penerapanteknologi. Namun, dalam penerapan tersebut sering menjadikan kendala, karena dilakukansecara manual dan memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untukmembahas kinerja optimasi sistem hybrid pada sistem energi pembangkit listrik diesel dengantenaga angin dan membandingkan respon sistem antara metode PID – PSO dengan metodePID – Firefly, khususnya pada overshoot. Metode penelitian yang digunakan dengan optimaltuning berbasis algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) menggunakan Matlab Code,untuk sistem waktu tunda tertentu. Desain kontrol PID untuk sistem dengan waktu tundatidaklah mudah. PID berbasis PSO mempunyai kelebihan dalam implementasinya stabil.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu sistem ᮮontrol PID berbasis PSO ini memiliki kinerjarespon sistem yang baik dibandingkan metode PID – Firefly. Kata kunci : PID, PSO, Matlab, PID-Firefly
Author Biographies
Erwin Dermawan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Aditya Firmanto, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Sitti Nurbaya Ambo, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Ery Diniardi, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Anwar Ilmar Ramadhan, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jakarta