SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR MAHASISWA BERBASIS WEB

Tri Ferga Prasetyo, Muhammad Iqbal

Abstract


Setiap mahasiswa mempunyai gaya  belajar yang berbeda-beda.  Para pendidik  seharusnya  mengetahui  gaya  belajar  mahasiswa  mereka  sehingga mampu  memilih  metode  pengajaran maka hasil  yang  didapat  lebih  optimal. Seorang  mahasiswa  juga  harus  mengetahui  gaya  belajar  mereka  
sendiri  dan mampu  memilih  metode  atau  cara  belajar  yang  sesuai  dengan  karakter  mereka. Mahasiswa  akan  belajar  jika  materi  yang  disampaikan  menarik  dan  mereka menganggap penting materi tersebut.  Visual-Auditorik-Membaca/menulis-Kinestetik (VARK).  Metode VARK  dibuat menjadi  sebuah kuesioner yang telah secara khusus dikembangkan oleh Neil Fleming dalam konteks modalitas dan strategi gaya belajar. Beberapa tahun terakhir VARK telah digunakan dibeberapa negara untuk menilai preferensi gaya belajar mahasiswa atau mahasiswi. Oleh karena itu, pembuatan aplikasi ini dirancang untuk membuat sistem pakar  identifikasi gaya belajar yang bertujuan untuk mendapatkan hasil belajar yang efektif dan efisien  pada  sebuah  siklus pembelajaran  sebagai objek  adalah
mahasiswa/mahasiswi dan implementasi metode pembelajaran adalah dosen.       
Kata Kunci : Gaya Belajar, VARK, Sistem Pakar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ