PENGENDALIAN PARAMETER OPERASI PADA PROSES INJECTION MOULDING BERBASIS BAHAN ACRYLONITRILE BUTADIENE STYRENE

Jorfri B. Sinaga, Azhar Azhar, sugiman sugiman

Abstract


Penggunaan bahan plastic ( polymer) didunia, dan khususnya didalam negeri semakin meningkat. Hal ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk dan efisiensi oleh industry injection moulding agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran. Salah satu masalah yang berkaitan dengan kualitas dan efisiensi adalah proses penyetelan awal parameter proses pada suatu produk khususnya produk baru. Proses ini dapat berlangsung lama apalagi bila dilakukan secara trial and error yang dapat mengakibatkan meningkatnya biaya operasi dan ineffisiensi. Salah satu cara untuk meminimalisir ineffisiensi pada penyetelan awal parameter proses injection moulding adalah dengan melakukan simulasi proses dengan bantuan software. Analisis dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak moldflow terhadap produk yang dibuat yaitu : descover dimana bahan yang digunakan adalah Acrylonitrile Butadiene Styrene ( ABS ). Dari hasil analisa simulasi diperoleh suatu kisaran parameter operasi yang dapat dijadikan rujukan. Untuk produk fixed closed diperoleh setting parameter operasi sebagai berikut : temperature leleh material antara 2410C sampai 2710C, temperature cetakan antara 710 C sampai 800C, tekanan injeksi antara 8,3 MPa sampai 10,6 MPa, waktu injeksi antara 0,64s sampai 1,1 s, gaya penekanan (clamping force) antara 1,1 ton sampai 1,3 ton.


Kata kunci : injection molding, temperature leleh , temperature cetakan , gaya penekanan, tekanan injeksi, waktu injeksi.


Full Text:

PDF

References


Pompa tanpa motor (hydraulic ram pump) adalah suatu peralatan yang istimewa dimana peralatan ini menggunakan energi dari aliran air yang memiliki ketinggian jatuh rendah sebagai sumber energi untuk memompa (menaikkan) sebagian air ke tempat yang jauh lebih tinggi dari tinggi sumber air. Dengan cara ini maka aliran air yang terdapat di daerah lembah dapat digunakan untuk memompakan sebagian air tersebut untuk kebutuhan air minum atau untuk irigasi bagi lahan pertanian masyarakat pedesaan yang tinggal di daerah perbukitan, tanpa menggunakan energi listrik atau bahan bakar minyak. Pada makalah ini diberikan perancangan dan pengujian unjuk kerja model pompa tanpa motor yang dilakukan di Laboratorium Mekanika Fluida, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Lampung. Hasil pengujian model rancangan hydraulic ram pump ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan head sumber 1,5 m, pompa ini dapat menaikkan air dengan laju aliran volume maksimum yang dipompakan 2,755 lit/men., 1,730 lit/men, and 1,665 lit/men, untuk masing-masing ketinggian pemompaan 7 m, 8 m, dan 9 m.

Kata kunci: Perancangan, pompa tanpa motor, unjuk kerja, energi terbarukan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ