ANALISA KEGAGALAN KOMPONEN FRONT AXLE PADA KENDARAAN BERMOTOR RODA EMPAT
Authors
Cahya Sutowo
Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Ika Kartika
Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Budi Priyono
Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Abstract
Kegagalan material berupa patahnya front axle bagian kanan dan bagian kiri pada komponen kendaraan bermotor roda empat jenis bus terjadi pada saat kendaraaan sedang beroperasi. Analisa kegagalan ini dilakukan untuk mengetahui penyebab utama dan mekanisme kegagalan yang mengakibatkan patahnya front axle pada kedua bagian serta memberikan solusi agar kegagalan serupa dapat dihindari dikemudian hari. Pengujian telah dilakukan berupa fraktografi melalui pengamatan visual secara makro dan mikro, uji kekerasan mikro vickers dan metalografi diharapkan dari serangkaian pengujian dan evaluasi dapat diketahui faktor penyebab kegagalan. Material komponen front axle dapat dikelompokkan kedalam baja karbon paduan rendah, analog dengan standar JIS G5111 SCC5 (high tensile strength carbon steel and low alloys steel castings for structural purpose) dengan nilai kekerasan rata-rata 262,9 – 291,0 HV hasil proses quench & temper serta memiliki struktur mikro martensit temper. Jenis patahan yang terjadi adalah patah ulet terjadi pada bagian atas komponen di tandai dengan bentuk permukaan yang lebih halus akibat kegagalan akibat beban lebih (over load) sehingga melebihi batas luluh material pada saat operasi. Kegagalan akibat beban lebih pada kasus ini terjadi akibat adanya porositas pada material sehingga dapat menurunkan kekuatan material.Kata kunci : front axle, kegagalan material, porositas, baja paduan rendah.
Author Biographies
Cahya Sutowo, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Ika Kartika, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI
Budi Priyono, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material - LIPI