PENGOLAHAN NIKEL LATERIT SECARA PIROMETALURGI: KINI DAN PENELITIAN KEDEPAN

Iwan Setiawan

Abstract


Cadangan nikel saat ini 70% adalah jenis laterit dan sisanya sulfida, dan dengan penurunan cadangan sumber nikel sulfida maka praktis pengembangan diarahkan ke pemanfaatan nikel laterite sebagai sumber nikel. Terdapat tiga pilihan proses pirometalurgi nikel laterite komersial saat ini yaitu pengolahan menjadi feronikel jenis shot/ingot dan feronikel luppen, pengolahan nikel matte dan pengolahan menjadi nickel pig iron (NPI).
Produksi ferronikel dari bijih laterit secara pirometalurgi memerlukan energi lebih tinggi dibanding hidrometalurgi, karena pada prakteknya bijih laterit atau bijih pra-reduksi langsung dilebur untuk menghasilkan sejumlah kecil produk feronikel dan sejumlah besar slag. Untuk bijih laterit kandungan nikel minimum yang menguntungkan untuk diolah secara pirometalurgi adalah 1,8%, padahal lebih dari 50% cadangan nikel laterit mempunyai kandungan < 1,45%. Pertimbangan utama dalam pirometalurgi adalah kebutuhan energi dan kualitas bijih. Dari tiga proses utama pengolahan nikel secara pirometalurgi, proses yang mempunyai efisiensi energi paling tinggi yaitu direct reduction dalam proses luppen. Permasalahan pada pembuatan feronikel luppen penggunaan antrasit, kontrol moisture yang harus sensitif dan sangat tergantung asal bahan baku diperoleh. Permasalahan pada proses NPI yaitu dari harga produknya sendiri yang sangat sensitif, sedangkan pada pembuatan nikel-matte dan feronikel shot/ingot mempunyai masalah utama dalam tingginya kebutuhan energi.
Dengan permasalahan tersebut diatas tantangan penelitian kedepan dalam bidang pengolahan pirometalurgi nikel yaitu peningkatan kadar nikel dalam bijih awal, untuk memenuhi aspek ekonomi, penurunan temperatur reduksi tetapi pemisahan produk masih bisa dilakukan, substitusi reduktor dengan low-grade coal, peningkatan efisiensi electric furnace pada proses NPI.


Kata kunci: laterit, pirometalurgi, feronikel, reduksi, energi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


==============================================================================================================

Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. Cempaka Putih Tengah 27
Jakarta Pusat 10510
T. 021.4256024, 4244016 / F. 021.4256023

ISSN : 2407 – 1846
e-ISSN : 2460 – 8416

==============================================================================================================

Powered by Puskom-UMJ