PENGARUH BANTUAN MODAL USAHA DAN PENDAMPINGAN USAHA TERHADAP MOTIVASI MENJADI MUZAKKI DENGAN TINGKAT PENDAPATAN USAHA MUSTAHIK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Al-KarimAbu Bakar, Nur Barizah, Hafiz Majdi, Abdul Rashid. 2010. Motivations of Paying Zakat on Income: Evidence from Malaysia. International Journal of Economics and Finance Vol. 2, No. 3Achmad Kuncoro, Engkos dan Ridwan, (2008). Análisis jalur (Path Análisis), Edisi kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta Al-Qardhawi, Yusuf.1991.Fiqhus Zakat.Beirut: Muassasah Risalah.Ardi Nugroho, Listyawan. 2011. Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.Kusnendi. 2005. Analisis Jalur Konsep dan Aplikasi dengan Program SPSS dan Lisrel 8. Bandung: UPI.Purwanti, Endang.2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM di Desa Dayaan dan Kalilondo Salatiga Vol. 5 No. 9, Juli 2012. STIE AMA Salatiga. 13-28 halRobbins, S. P., & Timothy, A. J . 2016. Perilaku Organisas (Organizational Behavior) (16th ed). (Ratna, S., & Febriella, S. Penj.). Jakarta: Salemba Empat.Sastrowijoyo, James. Modal UsahakuSalim, Gendro.2014. Effective Coaching.Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer Sudibyo, Bambang. 2018. Outlook ZakatIndonesia 2017. JakartaSugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D.Bandung: AlfabetaSuharto, Edi. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung: PT Refika Aditama.Sukirno, Sadono. Makro ekonomi Teori Pengantar (3rd edisi). Jakarta: Rajawali persSukirno, Sadono, 2002. Pengantar Teori Makroekonomi, Edisi ke-2, Jakarta: Rajawali Pers7.Hipotesis 7 ditolak, dengan nilai direct effect lebih besar dari indirect effect (0.487> 0,1315). Maka, pendampingan usaha tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap motivasi menjadi muzakki melalui tangkat pendapatan usaha mustahik sebagai variabel intervening.SARAN-SARANKepada penelitian berikutnya, diharapkan untuk memperbanyak sampel mustahik binaan yang akan diteliti dengan kriteria sudah mendapatkan bantuan modal dan pendampingan usaha sejak 6 bulan sebelum penelitian dan dapat menambahkan variabel lainnya seperti pelatihan usaha yang akan mempengaruhi motivasi menjadi muzakki.Kepada Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik. Sumarwan, U. 2004. Prilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.Swastha, B. 2008. Manajemen Penjualan, Penerbit BPFE. Yogyakarta.Tanjung, Azrul. 2017. Koperasi dan UMKM. Jakarta: ErlanggaUtami. Siti. Halida, Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mustahik Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2, Hal 353-366.Wilantara, Rully, F., 2016. Strategi dan Kebijakan Pengembangan UMKM. Bandung.
DOI: https://doi.org/10.24853/trd.2.1.31-51
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.