PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS AL-QUR'AN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang pendidikan kewirausahaan berbasis Al-Qur’an. Metode yang digunakan yaitu library research yang bersifat penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan tafsir maudhu’I atau tematik. Dalam membahas masalah, pengumpulan data di lapangan digunakan dengan teknik analisis dengan mengkaji ayat-ayat, ditafsirkan dan meninjau hadits-hadits yang berkaitan dengan penelitian ini kemudian di analisis dan disajikan secara komprehensif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan merupakan sebuah proses belajar mengajar dengan integrasi nilai spiritual, sosial dan nilai-nilai Al-Qur’an seperti inovasi, kejujuran, keadilan, kesetaraan dan toleransi yang memiliki tiga pokok yaitu creatifity innovation, opportunity creation dan calculated risk talking. Nilai-nilai Al-Qur’an diantaranya seperti Al-Kasb, Al-sa’yu, Al-‘Amal, Ibtigha, Al-Tijarah, Al-Rizq, dan Al-Fadhl.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an dan Terjemahan Kementerian Agama Republik Indonesia.
_in MS Word Version 2.2.0.0, Taufiq Product, 2013.
Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Al-Asfahani, Imam Al-Raghib. al-Mufradat al-Fadz Al-Qur’an, jilid. I, t.th.
Al-‘Asqalani. Fath al- Bari Syarh Sahih al- Bukhari, Beirut: Dar al- Kutub al- ‘Ilmiyyah, 1997.
Alma, Buchori. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 1997.
Aly, Hery Nur. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999.
Al-Baqi’, Muhammad Fuad Abd. al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazi al-Qur’an al-Karim, Cairo: Dar al-Hadits, t.th.
Al-Baghawy, Ibnu Mas’ud. Ma’alimut Tanzil, Dar at-Thayyibah, Jilid.t.th.
Bygrave, W. D.The Entrepreneurship Paradigm I:APhilosophical Look at Its Research Methodologies, 1989.
Casson, Mark. Entrepreneurship (Teori, Jejaring, Sejarah), Jakarta: Rajawali Press, 2012.
Formaini, R. L. The Engine of Capitalist Process: Entrepreneurs in Economic Theory, 2006.
Geoffrey, Maredith. Kewirausahaan, Teori dan Praktek, Jakarta: Pustaka Binaan Presindo, 2001.
Hude, M. Darwis. Logika Al-Qur’an: Pemaknaan Ayat dalam Berbagai Tema, Jakarta: PT. Nagakusuma Media Kreatif, 2017.
Hasan, Sadeq Abdul dan Ghazali. Readings in Islamic Economic Thought, Malaysia: Longman, 2016.
http://quran.ksu.edu.sa/tafseer/katheer/sura29-aya17.html/diakses pada tanggal 16 Januari 2019.
Irianto, Yoyon Bachtiar. Kepemimpinan dan Kewirausahaan, Jakarta: Direktorat Jendral Agama Republik Indonesia, 2012.
Julien, P.A. “A Theory of Local Entrepreneurship in The Konwledge
Leisey, & Lavaroni. “The Edupreneurs”, 2011 November 4.
Majma’ al-Lughah al-‘Arabiyah. Al-Mu’jam al-Wasith. Cairo: Maktabah al- Syuruq al-Dauliyah, 1379 H.
Pusat Bahasa Pendidikan Nasional, tahun 2008.
Al-Qurthubi. Tafsir al-Qurthubi, Jakarta: Pustaka Azam, jilid. XIII, 2009.
Shihab, M. Quraish.Wawasan Al-Qura’n, Bandung: Mizan, 1999.
Soemanto, Wasty. Pendidikan Kewirausahaan, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Sumiyati. “Membangun Mental Kewirausahaan Melalui Edupreneurship Bagi Pendidik PAUD”, AL-HIKMAH: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, ISSN (P): 2598-9588, ISSN (E): 2550- 1100, Vol. 1 (2), 2017.
Zuharini. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
DOI: https://doi.org/10.24853/trd.1.2.152-166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.