ANALISIS PENGELOLAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DAARUT TAUHIID CABANG BANTEN

Hajmi Almanfaluthi Salam, Jaharuddin Jaharuddin

Abstract


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana pengelolaan dana zakat produktif, mampukah dana zakat produktif membantu perekonomian mustahik dan seberapa berhasilkah LAZNAS Daarut Tauhiid Cabang Banten dalam mengelola dana zakat produktif. Metode : Menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode interpretif dan menggunakan paradigma tauhid. Model pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi.

Temuan : Pengelolaan dana zakat produktif yang dilakukan oleh LAZNAS Daarut Tauhiid Cabang banten belum optimal, karena dari beberapa program yang dijalankan hanya sebagian yang diberikan pendampingan, bahkan satu program sudah tidak berjalan dikarenakan tidak diberikan pendampingan berkelanjutan, maka dari itu belum sepenuhnya para mustahik terbantu taraf perekonomiannya dan LAZNAS Daarut Tauhiid belum sepenuhnya berhasil mengelola dana zakat produktif untuk membantu perekonomian para mustahik.

Orisinalitas : Studi ini berkontribusi secara umum untuk pengetahuan pengelolaan dana zakat produktif yang disalurkan dan secara khusus untuk mengetahui perkembangan zakat produktif yang dimanfaatkan oleh mustahik binaan. Metode interpretif dan paradigma tauhid dalam mempelajari pengelolaan zakat produktif telah membatasi pembahasan pada penelitian sebelumnya yang merupakan masalah pada penelitian ini.

Implikasi Manajerial : Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan LAZNAS Daarut Tauhiid Cabang Banten lebih menekankan dalam segi pendampingan pengembangan usaha- usaha para mustahik, agar nantinya mustahik mampu menjalankan usahanya dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Kata kunci : Pengelolaan, Zakat Produktif dan Lembaga Amil Zakat Nasional



DOI: https://doi.org/10.24853/trd.2.2.18-38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ