Pengaruh Etika Bisnis Islam dalam meningkatkan Minat Beli Konsumen Restoran Kentucky Fried Chicken Jakarta Timur

Faris Abdurrahman Ali, Mega Oktaviany

Abstract


Kinerja perusahaan dilihat dari segi peningkatan omzet menjadikan KFC salah satu pasar se-Asia yang terbaik untuk kurun waktu dua tahun, dengan kisaran 18,7% di 2010 dan 13,8% di 2011. Perusahaan mengharapkan kondisi tersebut dapat dia pertahankan. Namun, pada tahun 2020, adanya pandemi Covid-19 membuat manajemen KFC mengeluarkan beberapa kebijakan, di antaranya pemangkasan upah 30 persen, pembayaran THR berbeda dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) KFC, juga melakukan penundaan pembayaran lembur. Kemudian, manajemen KFC memberlakukan kebijakan pemotongan upah 30 persen kepada semua karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab terhadap minat beli konsumen pada restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) Jakarta Timur, mempergunakan data primer dari hasil penyebaran dan pengisian kuesioner, jenisnya adalah kuantitatif. Metode yang dipergunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, hanya variabel tanggung jawab yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) Jakarta Timur. Secara simultan, variabel kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada restoran Kentucky Fried Chicken (KFC) Jakarta Timur.

Keywords


Etika Bisnis Islam, Minat Beli Konsumen

References


Alaydrus, H. (2021). Sudah Jatuh Merugi, KFC Indonesia (FAST) “Tertimpa” Tuntutan Pekerja. https://market.bisnis.com/read/20210413/192/1380443/sudah-jatuh-merugi-kfc-indonesia-fast-tertimpa-tuntutan-pekerja

Anggraeny, G. (2017). Pembelajaran dan Implementasi Etika Bisnis Islam: Studi pada Mahasiswa Akuntansi Syariah IAIN Surakarta. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/view/1031

Anwar, S. S. (2014). TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI AGAMA. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.463

Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108. https://doi.org/10.32493/drb.v3i2.6299

Dahruji, & Permata, A. (2017). Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam: Tinjauan Teoritik Dan Empiris Di Indonesia. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 4(1). https://journal.trunojoyo.ac.id/dinar/article/view/5063

Darmawati. (2013). Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam: Eksplorasi Prinsip Etis Al Qur’an Dan Sunnah. Mazahib, 11(1). https://doi.org/10.21093/mj.v11i1.118

Fajar, I. (2022). Gara-Gara Burger Tak Sesuai Gambar, KFC Palopo Digugat Konsumen Rp4 M. https://www.merdeka.com/peristiwa/gara-gara-burger-tak-sesuai-gambar-kfc-palopo-digugat-konsumen-rp4-m.html

KFC. (2022). Kegiatan Usaha Perusahaan. https://kfcku.com/kegiatan-usaha-perusahaan

Lubaba, A., & Parsetyoningrum, A. kristin. (2019). ETIKA BISNIS ISLAM: IMPLEMENTASI PADA UMKM WIRAUSAHAWAN KRUPUK TAYAMUM DI DESA SARIREJO KEC KALIWUNGU KAB KENDAL. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1). https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/jebi/article/view/751

Mardoni, Y. (2017). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam (pp. 31–41). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/7035/2/fe2017-03-yosi.pdf

Putri, N. R., & Sukranatha, A. A. K. (2018). TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN TERKAIT PRODUK MAKANAN KEMASAN YANG SUDAH KADALUWARSA. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum; Vol. 02, No. 01, Februari 2014. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/40853

Shahnaz & Wahyono. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4). https://doi.org/10.15294/maj.v5i4.5571

Syahputra, A. (2019). Etika Berbisnis dalam Pandangan Islam. At-Tijarah, 1(1), 21–34.

Usman & Vuspitasari. (2019). PENERAPAN NILAI-NILAI KEJUJURAN DALAM MENGEMBANGAKAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI DAERAH PERBATASAN. Business, Economics and Entrepreneurship, 1(2). https://doi.org/10.46229/b.e.e..v1i2.125




DOI: https://doi.org/10.24853/trd.4.1.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ