PELATIHAN PEMBUATAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH
Abstract
Penggunaan media dalam bidang pendidikan sudah bukan hal yang baru dan yang harus dihadapi dan dikusai oleh guru. Terlebih dalam mengahadapi era society 5.0 dimana bertujuan bertujuan menciptakan masyarakat dimana dapat menyelesaikan berbagai tantangan sosial dengan memasukkan inovasi revolusi industri 4.0. Berdasarkan hasil analisis situasi di lingkungan tersebut bahwa sebanyak seluruh guru yang mengisi kuosioner di KB dan TK Labschool menyatakan bahwa sangat penting penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran dan terdapat 12,5% merasa bahwa kemampuan dalam pengguanaan teknologi dalam pembelajaran dalam kategori baik. Akan tetapi, penilaian tersebut hanyalah dalam penggunaan, sedangkan kemampuan guru dalam menciptakan masih dalam kategori terbatas, sehingga sebanyak 87,5% membutuhkan pelatihan terkait pembuatan multimedia interaktif. Oleh sebab itu, berdasarkan analisa situasi dengan mitra, diperlukanlah solusi dalam mengatasi kebutuhan guru di KB dan TK Labschool, sehingga tujuan dari kegiatan ini memberikan bekal kepada guru-guru KB dan TK Labschool memiliki kemampuan dalam mengembangan aplikasi multimedia interaktif. Lebih lanjut, kegiatan pengabdian ini merupakan implementasi dari penelitian yang sedang dilakukan. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa deluruh aspek bernilai 100% dan guru-guru tertarik dalam mengembangkan multimedia interkatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 1–14.
Ikhsan, Supriadi, Sesmiarni, Z., & Zakir, S. (2022). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR BERBASIS ANDROID DI SMK N 1 RAO SELATAN | Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. HUMANTECH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issue 1), 222–228.
Khasanah, K., Muhlas, M., & Marwani, L. (2020). DEVELOPMENT OF E-LEARNING SMART APPS CREATOR (SAC) LEARNING MEDIA FOR SELLING EMPLOYEES ON PAID TV. Akademika : Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 129–143. https://doi.org/10.34005/AKADEMIKA.V9I02.819
Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006–1016. https://doi.org/10.35445/ALISHLAH.V13I2.549
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SMART APPS CREATOR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745–1756. https://doi.org/10.24127/AJPM.V10I3.3912
Manurung, P. (2020). MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12.
Prasetio, I., & Musril, H. A. (2021). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3. JUMIKA (Jurnal Manajemen Informatika), 8(2), 91–100.
S, Y. D., Amrina, A., Gazali, G., Mudinillah, A., Agustina, A., & Luksfinanto, Y. (2021). Utility of the Smart App Creator Application as an Arabic Learning Media. Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4(3), 319–334. https://doi.org/10.22219/JIZ.V4I3.17886
Saputra, K., Herlina, K., & Sesunan, F. (2021). The development of m-LKPD project-based assisted by smart apps creator 3 to stimulate science process skills. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 51–60. https://doi.org/10.30870/GRAVITY.V7I2.11548
Simarmata, J., & Mujiarto. (2019). Multimedia Pembelajaran (1st ed.). Alfabeta.
Syahputra, F. K., & Prismana, I. G. L. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D KELAS XI DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 763–768.
Yuberti, Y., Wardhani, D. K., & Latifah, S. (2021). PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS SMART APPS CREATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 90–95. https://doi.org/10.30631/PSEJ.V1I2.746
DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.91-96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By: