PENATAKELOLAAN IT MENGGUNAKAN GOOGLE SITE DI SATUAN PAUD

Authors

  • Widia Winata (SINTA ID: 5977564) Universitas Muhammadiyah Jakarta http://orcid.org/0000-0002-1904-0438
  • Ahmad Fikri Adriansyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Yana Adharani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Kukuh Setiawan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rabiatul Nurhasanah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Rinanto Rinanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Noval Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/an-nas.3.1.23-30

Keywords:

penatakelolaan, IT, PAUD, Google Site

Abstract

Penatakelolaan IT menjadi keharusan di satuan PAUD mengingat pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Berdasarkan hasil diskusi dalam forum pendidik ditemukan satuan PAUD belum memiliki penatakelolaan IT yang baik sehingga butuh regulasi yang mengatur hal tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada mitra agar dapat membuat penatakelolaan IT berbasis Google Site di satuan PAUDnya. Peserta yang terdiri dari anggota Forum Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (FPTKAUDI) dipilih berdasarkan wilayah yaitu wilayah Depok sebagai model awal dalam pelaksanaan jangka panjang dan berskala luas (nasional). Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam beberapa tahap, yakni diskusi penentuan masalah yang akan diselesaikan, pengenalan konsep penatakelolaan IT, praktik penggunaan Google Site dalam menatakelola IT di satuan PAUD, evaluasi kegiatan, dan follow up kegiatan. Hasil pengabdian didapatkan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan PAUD mampu membuat web site profil satuan PAUDnya dengan memanfaatkan Google Site. Saran dari kegiatan ini agar dapat dilanjutkan dalam skala besar se-nasional mengingat masih banyaknya pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang belum memahami penatakelolaan IT di wilayah Indonesia khususnya anggota yang tergabung dalam FPTKAUDI. 

Author Biographies

Widia Winata, (SINTA ID: 5977564) Universitas Muhammadiyah Jakarta

(Profile in Scopus)(Profile in Google Scholar)(Profile in SINTA ID)Educational Technology

Ahmad Fikri Adriansyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Teknologi Informasi

Yana Adharani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Teknik Informatika

Kukuh Setiawan, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Educational Technology

Rabiatul Nurhasanah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Teknologi Informasi

Rinanto Rinanto, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Educational Technology

Ahmad Noval, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Educational Technology

References

Adriansyah, A. F., Hardian, B., & Guarddin, G. (2020). PENGEMBANGAN STANDAR DESAIN LAYANAN CLOUD BERDASARKAN ISO/IEC 20000: STUDI KASUS PT. XYZ. Instruksional, 1(2), 111. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.111-121

Eka Retnaningsih, L., Khairiyah, U., & Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.29062/SELING.V8I2.1223

Google Map. (2022, January). Google Map. Https://Www.Google.Com/Maps/.

Google Site. (2022). Google Site. Https://Sites.Google.Com/u/1/New?Pli=1&authuser=1.

Kurniawan, I., Rahmawan Asma, F., Budiarso, I., dan Abdillah, R. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GURU DAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA MELALUI MICROSOFT EXCEL. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 371–375.

Mahbubul Wathoni, Adi Alam, Sari Palestina, Rikaro Ramadi, Ahmad Fikri Adriansyah, dan Diah Budi Ratriningrum. (n.d.). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING. An Nas. Retrieved January 15, 2023, from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/8960

Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283

Reinius, H., Kaukinen, I., Korhonen, T., Juuti, K., & Hakkarainen, K. (2022). Teachers as transformative agents in changing school culture. Teaching and Teacher Education, 120, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103888

Downloads

Published

2023-06-23