PENATAKELOLAAN IT MENGGUNAKAN GOOGLE SITE DI SATUAN PAUD
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.1.23-30Kata Kunci:
penatakelolaan, IT, PAUD, Google SiteAbstrak
Penatakelolaan IT menjadi keharusan di satuan PAUD mengingat pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini. Berdasarkan hasil diskusi dalam forum pendidik ditemukan satuan PAUD belum memiliki penatakelolaan IT yang baik sehingga butuh regulasi yang mengatur hal tersebut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada mitra agar dapat membuat penatakelolaan IT berbasis Google Site di satuan PAUDnya. Peserta yang terdiri dari anggota Forum Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (FPTKAUDI) dipilih berdasarkan wilayah yaitu wilayah Depok sebagai model awal dalam pelaksanaan jangka panjang dan berskala luas (nasional). Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam beberapa tahap, yakni diskusi penentuan masalah yang akan diselesaikan, pengenalan konsep penatakelolaan IT, praktik penggunaan Google Site dalam menatakelola IT di satuan PAUD, evaluasi kegiatan, dan follow up kegiatan. Hasil pengabdian didapatkan bahwa pendidik dan tenaga kependidikan PAUD mampu membuat web site profil satuan PAUDnya dengan memanfaatkan Google Site. Saran dari kegiatan ini agar dapat dilanjutkan dalam skala besar se-nasional mengingat masih banyaknya pendidik dan tenaga kependidikan PAUD yang belum memahami penatakelolaan IT di wilayah Indonesia khususnya anggota yang tergabung dalam FPTKAUDI.Referensi
Adriansyah, A. F., Hardian, B., & Guarddin, G. (2020). PENGEMBANGAN STANDAR DESAIN LAYANAN CLOUD BERDASARKAN ISO/IEC 20000: STUDI KASUS PT. XYZ. Instruksional, 1(2), 111. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.111-121
Eka Retnaningsih, L., Khairiyah, U., & Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://doi.org/10.29062/SELING.V8I2.1223
Google Map. (2022, January). Google Map. Https://Www.Google.Com/Maps/.
Google Site. (2022). Google Site. Https://Sites.Google.Com/u/1/New?Pli=1&authuser=1.
Kurniawan, I., Rahmawan Asma, F., Budiarso, I., dan Abdillah, R. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN GURU DAN TENAGA ADMINISTRASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA MELALUI MICROSOFT EXCEL. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 371–375.
Mahbubul Wathoni, Adi Alam, Sari Palestina, Rikaro Ramadi, Ahmad Fikri Adriansyah, dan Diah Budi Ratriningrum. (n.d.). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING. An Nas. Retrieved January 15, 2023, from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/AN-NAS/article/view/8960
Nisa’, L. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 001. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6283
Reinius, H., Kaukinen, I., Korhonen, T., Juuti, K., & Hakkarainen, K. (2022). Teachers as transformative agents in changing school culture. Teaching and Teacher Education, 120, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103888
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).