PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN CENGKEH MELALUI MEDIA KOMIK PERTANIAN DENGAN MODEL PBL

Defika Andriana Sari

Abstract


Dalam proses belajar dan mengajar secara efektif harus adanya interaksi antara guru dan peserta didik yang baik. Media komik pertanian adalah salah satu solusi dalam membenahi proses pembelajaran yang kurang menarik. Media tersebut diharapkan menciptakan suasana dalam meningkatkan minat pada peserta didik untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara serta dokumentasi dalam perlengkapannya. Dalam keabsahan data menggunakan teori, metode dan sumber. Sedangkan  dalam teknik analisis menggunakan analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran budidaya tanaman cengkeh melalui media komik pertanian dengan model PBL yang dilakukan memberikan efek yang positif bagi aktivitas dalam proses belajar mengajar berlangsung. Peserta didik sangat antusias dengan media pembelajaran berbentuk cerita bergambar dengan materi edukasi yang menuntun peserta didik lebih berperan aktif di dalamnya. Dengan demikian diharapkan bahwa komik pertanian sebagai media pembelajaran budidaya tanaman cengkeh bisa memberikan motivasi menambah minat, inovatif dan kritis dalam aktivitas belajar peserta didik dalam memahami materi.


Keywords


Tanaman Cengkeh, Media Komik Pertanian , Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

References


Adhiatma, N., Kom, M., Ikhsan, M., Kom, M., Febriantono, A., Tetap, D., Nurdin, S., Jambi, H., Tetap, D., Nurdin, S., Jambi, H., Stmik, M., & Hamzah, N. (2015). Media Pembelajaran Budidaya Tanaman Pare pada SMK Pertanian Pembangunan Negeri Jambi. 71–77.

Ambaryani, A., & Airlanda, G. (2017). Pengembangan Media Komik Untuk Efektifitas Dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1), 19–28.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Hamrin La Hulu, R. Marsuki Iswandi, Y. I. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konversi Lahan Perkebunan Cengkeh Di Desa Tolong Kecamatan Lede Kabupaten Pulau Taliabu Provinsi Maluku Utara. Jurnal Agro Ekonomi, 8(1), 62–74.

Kartika, A. D., Zubaidah, S., & ... (2020). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Problem Based Learning Siswa SMK Pertanian pada Materi Pewarisan Sifat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 860–869. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/13673

Mujasam, S., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100

Nelfiyanti, & Sunardi, D. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Pelajaran Al - Islam Ii di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Spektrum Industri, 15(1), 1–119.

Pranowo, T. A., Sugiharto, D., & Suyoto, A. (2014). Pengembangan media bimbingan dan konseling melalui komik edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1). https://osf.io/p56we/download

Putra, A. G. P., Bektiarso, S., & Handayani, R. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129–134.

Rerung, N., Sinon, L. . I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. JJurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 06(1). https://doi.org/10.24042/jipf%20al-biruni.v6i1.597

Ruhnayat, A. (2007). Aplikasi Model Pemupukan Berimbang Pada Tanaman Cengkeh (Syzigium aromaticum). XVIII(2), 149–158.

Salahuddin, Wijaya, V., & Sriwahyuni. (2018). Pengembangan Media Komik sebagai Alternatif Bahan Ajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar ( SD ) Kabupaten Sambas Development of Comic Media as an Alternative of Teaching Science of Social Knowledge. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian, 156–162. http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/PROSIDING

Segarani, L. P. M., & Dewi, P. M. (2015). Pengaruh Luas Lahan, Jumlah Produksi, Dan Kurs Dollar Pada Ekspor Cengkeh Di Indonesia. E-Jurnal EP Unud, 4(4), 2303–0178.

Setyani, B., Winoto, Y., Komariah, N., Pada, S., Pengkajian, B., Pertanian, T., Jawa, P., & Padjadjaran, U. (2019). Kontribusi media komik dalam menumbuhkan sikap positif para petani. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 90–97.

Shofiana, R. H., Sulistyowati, L., & Muhibuddin, A. (2015). Eksplorasi Jamur Endofit dan Khamir Pada Tanaman Cengkeh (Syzygium aromaticum) Serta Uji Potensi Antagonismenya Terhadap Jamur Akar Putih (Rigidoporus microporus). Jurnal HPT, 3(1), 75–83.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64.

Wahyuno, D., & Martini, E. (2015). Pedoman Budi daya Cengkeh di Kebun Campur. Guidelines for Clove Cultivation in Mixed Gardens. Bogor, Indonesia: World Agroforestry Centre (ICRAF) Southeast Asia Regional Program, 2017. http://www.worldagroforestry.org/sea/Publications/files/booklet/BL0052-15.pdf

Wandy, H., Rais, M., & Nurmila. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Alat dan Mesin Pertanian Peserta Didik Kelas X ATP SMKN 6 Takalar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 6(1), 125–130.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.49-60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ