URGENSI PELATIHAN ANTI RADIKALISME DAN TERORISME BAGI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN SD LAB SCHOOL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Sholehuddin Sholehuddin, Sri Immawati, Sularno Sularno

Abstract


Lembaga Pendidikan merupakan salah satu target penguasaan kelompok radikal terorisme. Bagi kelompok ini, lembaga pendidikan merupakan wahana yang sangat strategis untuk menyebarkan paham sekaligus merekrut anggota dan simpatisan baru baik dari kalangan guru maupun siswa. Secara ideologis kelompok ini menganggap bahwa hanya pahamnyalah yang bena dan yang lain salah, karena itu harus dihancurkan. Atas dasar itulah mereka melakukan kekerasan termasuk pembunuhan dan bom bunuh diri. Inilah yang berbahaya dari paham ini.   Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi para tenaga pendidik dan kependidikan untuk membekali mereka agar  mereka memiliki daya imun yang kuat sehingga bisa mencegah dan menangkal perkembangan paham ini di sekolah. Pelatihan anti radikalisme dan terorisme ini dilakukan dengan metode diskusi dan problem solving. Pelatihan ini diikuti oleh 39 peserta, semunya belum pernah mengikuti pelatihan tentang pencegahan terorisme di lembaga pendidikan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa dari hasil pree test, dengan 15 pertanyaan, rata-rata menjawab dengan benar dengan skor 76.38 atau sekitar 50.92%. jika dikomparasikan dengan  hasil pada post test, mendapat skor 112, 08 atau 74,72%. Ini berarti terdapat kenaikan skor 35,7 atau 23.8 %. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman terkait radikalisme dan terorisme di sekolah. Dengan demikian, diharapkan para tenaga pendidik dan kependidikan dapat lebih waspada dan mampu mencegah transformasi paham dan gerakan radikalisme dan terorisme di SD Labschool FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Untuk menunjang kemampuan tersebut, para peserta dibekali dengan Buku Pendidikan Anti Radikalisme dan Terorisme; Panduan Praktis Cegah Teroris di Sekolah.

Keywords


Islam; Radikalisme; Terorisme; Pencegahan; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Abas, Nasir. (2009). Membongkar Jamaah Islamiyah; Pengakuan Mantan Ketua JI. Jakarta: Abdika Press.

Imarah, Muhammad. (2014). Maqalat al-Ghuluw ad – Dini wa al – Ladini (Wacana – wacana Ekstrimisme Agama dan Anti Agama), Terj. Abu Aniqah El-Hamra. Jakarta: BNPT.

Mbai, Ansyaad. (2014). Dinamika Baru Jejaring Teror di Indonesia dan Keterkaitannya dengan Gerakan Radikalisme Transnasional. Jakarta: AS Production Indonesia.

Sholehuddin. (2018). Damai Beragama Damai Bernegara. Tangerang Selatan: Mutiara Barakah Multigrafika.

Sholehuddin. (2019). Wisdom Deradikalisasi Terorisme. Jakarta: Daulat Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.85-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ