URGENSI PELATIHAN ANTI RADIKALISME DAN TERORISME BAGI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN SD LAB SCHOOL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.2.85-90Keywords:
Islam, Radikalisme, Terorisme, Pencegahan, SekolahAbstract
Lembaga Pendidikan merupakan salah satu target penguasaan kelompok radikal terorisme. Bagi kelompok ini, lembaga pendidikan merupakan wahana yang sangat strategis untuk menyebarkan paham sekaligus merekrut anggota dan simpatisan baru baik dari kalangan guru maupun siswa. Secara ideologis kelompok ini menganggap bahwa hanya pahamnyalah yang bena dan yang lain salah, karena itu harus dihancurkan. Atas dasar itulah mereka melakukan kekerasan termasuk pembunuhan dan bom bunuh diri. Inilah yang berbahaya dari paham ini. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan bagi para tenaga pendidik dan kependidikan untuk membekali mereka agar mereka memiliki daya imun yang kuat sehingga bisa mencegah dan menangkal perkembangan paham ini di sekolah. Pelatihan anti radikalisme dan terorisme ini dilakukan dengan metode diskusi dan problem solving. Pelatihan ini diikuti oleh 39 peserta, semunya belum pernah mengikuti pelatihan tentang pencegahan terorisme di lembaga pendidikan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa dari hasil pree test, dengan 15 pertanyaan, rata-rata menjawab dengan benar dengan skor 76.38 atau sekitar 50.92%. jika dikomparasikan dengan hasil pada post test, mendapat skor 112, 08 atau 74,72%. Ini berarti terdapat kenaikan skor 35,7 atau 23.8 %. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman terkait radikalisme dan terorisme di sekolah. Dengan demikian, diharapkan para tenaga pendidik dan kependidikan dapat lebih waspada dan mampu mencegah transformasi paham dan gerakan radikalisme dan terorisme di SD Labschool FIP Universitas Muhammadiyah Jakarta. Untuk menunjang kemampuan tersebut, para peserta dibekali dengan Buku Pendidikan Anti Radikalisme dan Terorisme; Panduan Praktis Cegah Teroris di Sekolah.References
Abas, Nasir. (2009). Membongkar Jamaah Islamiyah; Pengakuan Mantan Ketua JI. Jakarta: Abdika Press.
Imarah, Muhammad. (2014). Maqalat al-Ghuluw ad – Dini wa al – Ladini (Wacana – wacana Ekstrimisme Agama dan Anti Agama), Terj. Abu Aniqah El-Hamra. Jakarta: BNPT.
Mbai, Ansyaad. (2014). Dinamika Baru Jejaring Teror di Indonesia dan Keterkaitannya dengan Gerakan Radikalisme Transnasional. Jakarta: AS Production Indonesia.
Sholehuddin. (2018). Damai Beragama Damai Bernegara. Tangerang Selatan: Mutiara Barakah Multigrafika.
Sholehuddin. (2019). Wisdom Deradikalisasi Terorisme. Jakarta: Daulat Press.
Downloads
Published
2024-01-23
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).