PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR TEMATIK TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR’AN
Abstract
Pentingnya memperkuat pendidikan karakter religius berbasis Al-Qur'an di SD Lab School FIP UMJ menjadi fokus utama pengabdian ini. Pelatihan diberikan kepada guru-guru untuk menyusun bahan ajar tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter religius. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul pembelajaran yang menggabungkan aspek tematik dengan nilai-nilai karakter Al-Qur'an. Melalui pendekatan kemitraan, pelatihan memberdayakan para pendidik, menciptakan antusiasme dan motivasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kurikulum. Hasil pengabdian mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun modul tematik terintegrasi dengan karakter religius Al-Qur'an.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Al-Ghazali, M. (1975). Ihya’ ‘Ulum al-Diin, Juz IV. Khalab Wahyu Syrkah.
Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865
Budiyono, A. (2019). Konsep Pendidikan Islam Mengenai Akhlak Perspektif Al Ghazali (Kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin). DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 1–18. https://doi.org/10.32764/dinamika.v4i2.781
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592
Framz Hardiansyah, M. (2020). IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH : STUDI Pendahuluan Penanaman nilai religius adalah suatu kesadaran dan terencana demi menyiapkan peserta didik dalam hal mengenal , dan memahami , menghayati , mengamalkan sehingga timbul. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.
Hasanah, M. (2018). Hubungan Antara Religiusitas dengan Resiliensi Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 84–94.
Mujtaba, I., Bahfen, M., Farihen, F., Maharani, P. G., & Robbaniyyah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Al Qur’an Melalui Metode Qira’Ati Pada Siswa Kelas 2 Sd Lab School Fip Umj. Jurnal Holistika, 6(2), 73. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.73-79
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Rahmawati, F. A. (2023). The Akhlak Education of Ibn Miskawaih and Its Implementation in the UNIDA Gontor Environment. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 128–139. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.485
DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.23-32
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By: