PELATIHAN MEDIA BANTU PODCAST BAGI GURU SEKOLAH KHUSUS DI KEC. KARANG TANJUNG, KAB. PANDEGLANG, BANTEN

Authors

  • Wika Soviana Devi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Mutiarani Mutiarani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Khaerunnisa Khaerunnisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tiara Savitri Universitas Muhammadiyah Jakarta

Keywords:

Media bantu, disabilitas, podcast.

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pelatihan Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru-guru SD di Kec. Karang Tanjung, Kab. Pandeglang, Banten tentang pembelajaran berbasis IT, dan (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan media IT sehingga akses pembelajaran bagi siswa disabilitas lebih terbuka dan beragam. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip media pembelajaran berbasis IT, prosedur pengembangan media pembelajaran, implementasi media pembelajaran, dan prosedur praktik pemanfaatan hasil pengembangan, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari pengembangan media pembelajaran sampai pada tahap implementasi di kelas. Luaran yang dicapai dalam program pengabdian ini adalah guru-guru dapat mahir menintegrasikan IT dalam memilih media bantu dalam pembelajaran serta hasil dari pelatihan berupa tulisan yang dibuat dalam jurnal bereputasi dan buku saku yang dapat digunakan oleh guru-guru sekolah khusus dalam memanfaatkan media bantu berbasis IT di kelas.

References

Agustin, Mubiar. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung: Revika

Amalia, N., & Wilis, F. (2021). Improving teacher quality through classroom action research. Journal of Community Service and Empowerment, 2(3), 133-139. https://doi.org/10.22219/jcse.v2i3.17934

Indahri, Y., & Djahimo, S. (2018). Teaching and Researching: Identifying Problems and Finding Solutions Through Classroom Action Research (CAR). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9(1), 145-151. doi:https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i1.993.

Khasinah, Siti. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember.

Siswara. (2017). Studi tentang Pengarug Reward Tunjangan Khusu, Komitmen sebagai Guru DTT dan Prilaku Inovatif Terahadap Mutu Pemebelajaran SD di Kabupaten Pandeglang. Jurnal KAPemda–Kajian Administrasi dan Pemerintahan Daerah. Volume 11 No. 6/September 2017. ISSN: 1979 – 5343. https://stisipbantenraya.ac.id/

Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M.N. (2016). Classroom Action Research as Profesional Development of Terachers in Indonesia. https://www.semanticscholar.org/paper/CLASSROOM-ACTION-RESEARCH-AS-PROFESSIONAL-OF-IN-Syah/.

Dokumen RPJM Prov. Banten dalam Laman Profil Provinsi Banten. https://www.bantenprov.go.id/profil-provinsi/geografi.

Redaksi Swaradesaku. (2020). Lebih Dekat Mengenal Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten. https://swaradesaku.com/arsip/17179.

Downloads

Published

2024-10-31