PELATIHAN MEDIA BANTU PODCAST BAGI GURU SEKOLAH KHUSUS DI KEC. KARANG TANJUNG, KAB. PANDEGLANG, BANTEN
Kata Kunci:
Media bantu, disabilitas, podcast.Abstrak
Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pelatihan Pemanfaatan media pembelajaran berbasis IT berupa podcast yang ramah disabilitas dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru-guru SD di Kec. Karang Tanjung, Kab. Pandeglang, Banten tentang pembelajaran berbasis IT, dan (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan media IT sehingga akses pembelajaran bagi siswa disabilitas lebih terbuka dan beragam. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip media pembelajaran berbasis IT, prosedur pengembangan media pembelajaran, implementasi media pembelajaran, dan prosedur praktik pemanfaatan hasil pengembangan, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari pengembangan media pembelajaran sampai pada tahap implementasi di kelas. Luaran yang dicapai dalam program pengabdian ini adalah guru-guru dapat mahir menintegrasikan IT dalam memilih media bantu dalam pembelajaran serta hasil dari pelatihan berupa tulisan yang dibuat dalam jurnal bereputasi dan buku saku yang dapat digunakan oleh guru-guru sekolah khusus dalam memanfaatkan media bantu berbasis IT di kelas.Referensi
Agustin, Mubiar. (2011). Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung: Revika
Amalia, N., & Wilis, F. (2021). Improving teacher quality through classroom action research. Journal of Community Service and Empowerment, 2(3), 133-139. https://doi.org/10.22219/jcse.v2i3.17934
Indahri, Y., & Djahimo, S. (2018). Teaching and Researching: Identifying Problems and Finding Solutions Through Classroom Action Research (CAR). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9(1), 145-151. doi:https://doi.org/10.46807/aspirasi.v9i1.993.
Khasinah, Siti. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember.
Siswara. (2017). Studi tentang Pengarug Reward Tunjangan Khusu, Komitmen sebagai Guru DTT dan Prilaku Inovatif Terahadap Mutu Pemebelajaran SD di Kabupaten Pandeglang. Jurnal KAPemda–Kajian Administrasi dan Pemerintahan Daerah. Volume 11 No. 6/September 2017. ISSN: 1979 – 5343. https://stisipbantenraya.ac.id/
Suharsimi Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, M.N. (2016). Classroom Action Research as Profesional Development of Terachers in Indonesia. https://www.semanticscholar.org/paper/CLASSROOM-ACTION-RESEARCH-AS-PROFESSIONAL-OF-IN-Syah/.
Dokumen RPJM Prov. Banten dalam Laman Profil Provinsi Banten. https://www.bantenprov.go.id/profil-provinsi/geografi.
Redaksi Swaradesaku. (2020). Lebih Dekat Mengenal Asal Usul Nama Kecamatan Cibaliung Pandeglang Banten. https://swaradesaku.com/arsip/17179.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).