PELATIHAN KAHOOT SEBAGAI E-ASSESMENT UNTUK GURU SD DI CIKOLE, SUKABUMI

Nurbaiti Widyasari, Apri Utami parta Santi, Pratiwi Kartika Sari, Venni Herli Sundi

Abstract


Media pembelajaran berbasis teknologi di era digital 4.0 semakin berkembang. Keberadaan media pembelajaran ini mendorong proses pembelajaran menjadi pembelajaran yang menarik. Dengan proses pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan, peserta didik dapat terkesan ketika belajar. Proses pembelajar perlu diukur dalam bentuk tes evaluasi yang memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi mutakhir dalam evaluasi pembelajaran yaitu aplikasi Kahoot!. Tujuan dilakukan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru SD di Daerah Sukabumi untuk dapat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran dengan lebih menyenangkan dan efisien. Aplikasi Kahoot! Dapat digunakan sebagai instrumen tes pembelajaran di era digital. Kahoot! merupakan aplikasi online berbasis website yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk pelatihan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru untuk menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian e-assesment. Langkah selanjutnya dilakukan kegiatan penerapan instrumen yang telah dibuat. Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan dalam 3 tahapan yaitu pelatihan tahap 1 adalah Pengenalan literasi digital, Tahap 2 adalah simulasi Praktek Literasi Digital dan Tahap 3 adalah pengembangan produk literasi digital. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi guru-guru. Pada hasil pendampingan, guru peserta pelatihan sudah mulai menyusun dan menerapkan penilaian e-assesment dalam pembelajaran, sehingga rubrik penilaian sudah mulai di implementasikan dalam melakukan penilaian pembelajaran.


Keywords


Kahoot, e-assesment, evaluasi pembelajaran, penilaian pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ewa, Z. P. (2016). Kahoot It or Not? Can Games Be Motivating in Learning Grammar? Teaching English with Technology, 16(3), 17-36.

Jamiludin, Darnawati, Waode, A.S.U. dan Anugrah, P.A. (2020). Pelatihan Kahoot pada Guru dalam Proses Evaluasi Belajar. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1(2) : 63-67.

Rahmawati, Atina, Muhtar H, Mochammad Irsyadul H. (2019). Implementasi KAHOOT sebagai Instrumen Tes Pembelajaran Fisika di Era Digital. Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA), Vol 3, 2019, pp. 23-34, Universitas Ahmad Dahlan, 24 November 2019

Rubhan Masykur, Nofrizal, dan Muhamad Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia

Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8 No.2, Hal 178.

Zainul dan Nasution. (2001). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti.




DOI: https://doi.org/10.24853/an-nas.1.2.7-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AN NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indexed By:

gs

 
Powered by Puskom-UMJ