WEBINAR PERAN DAN KESIAPAN ORANG TUA DALAM MENGHADAPI PTMT DI SDN PONDOK PETIR 03 DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.2.2.43-50Keywords:
Kesiapan, Orang Tua, Peran, PTMT.Abstract
Pelaksanaan PTMT merupakan solusi yang diberikan oleh pemerintah dalam hal ini kemdikbud untuk mengurangi learning loss yang dialami siswa selama masa BDR, serta dampak negatif lainnya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka diperlukan penyuluhan kepada orang tua terhadap kesiapan dalam pendampingan siswa belajar PTMT melalui kegiatan webinar. Oleh sebab itu, tujuan dari webinar ini adalah memberikan penyuluhan kepada orang tua di SDN Pondok Petir 03 terkait hal-hal apa yang harus disiapkan orang tua serta webinar ini juga melakukan evaluasi terkait pelaksanaan webinar. Metode webinar dilaksanakan secara online selama 2 jam, selain pemaparan narasumber juga dilakukan tanya jawab dan evaluasi terhadap proses pelaksanaan webinar. Berdasarkan hasil evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi peserta sebanyak 87,5% yaitu sebanyak 7 aspek dari 8 aspek evaluasi menjawab sangat puas, sangat sesuai, sangat bermanfaat dan lain-lain di atas 70%. Akan tetapi aspek kesesuaian waktu webinar memperoleh di bawah 70%. Oleh sebab itu perlu diperhatikan durasi dan pemilihan waktu yang tepat.References
Bhinnety, M. (2008). Struktur Dan Proses Memori. Buletin Psikologi, 16(2), 74–88.
Kemdikbud. (2021). Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Sekolah Dasar. Kemdikbud Dirjen PAUD, Dikdas, dan DIKMEN. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/PEDOMAN-PTMP-SD.pdf
Kurniawan, A. H., & Ashfahani, S. (2018). Peran Narasumber dalam Keberlangsungan Program Talk Show Inspirasi Pagi di JAK TV Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 10(03), 128–136. https://doi.org/10.38041/jikom1.v10i03.37
Larasati, N. I., & Widyasari, N. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 45–50. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.45-50
Sholikhah, I. (2021). Analisis Kesiapan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(7), 925–940. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.181
Wahyudi, R., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2013). Pengaruh Kesiapan Guru Mengajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di SMK Kristen 1 Surakarta. JUPE UNS, 2(2), 37–48.
Widyasari, N., Irawan, B., & Muzayana, A. (2020). Kesiapan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8875
Zahra, A., Widyasari, N., & Irawan, B. (2020). Kesiapan Siswa Sd Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1), Article 1. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8874
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).