EDUKASI BAHAYA TAWURAN PADA ANAK-ANAK KAMPUNG RAWA JAKARTA PUSAT
Keywords:
Anak-Anak, Edukasi, Kampung Rawa, TawuranAbstract
Tawuran antar anak-anak sering kali menjadi permasalahan yang meresahkan di Kampung Rawa. Selain merugikan dari segi fisik dan psikologis, tawuran juga dapat menghambat perkembangan sosial dan pendidikan anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak dan masyarakat sekitar tentang bahaya tawuran melalui pendekatan partisipatif berdasarkan komunitas. Program edukasi dilakukan dengan metode interaktif, seperti diskusi kelompok, simulasi, dan permainan edukatif. Hasil program ini menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak terhadap dampak negatif tawuran, termasuk potensi luka fisik, trauma mental, dan konsekuensi hukum. Selain itu, program ini berhasil membuat anak-anak untuk mengenali pentingnya penyeselaian masalah secara damai, meningkatkan empati, dan membangun keterampilan komunikasi yang positif. Pendekatan yang melibatkan tokoh masyarakat, guru, dan orang tua juga menjadi kunci keberhasilan dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk mencegah tawuran. Edukasi ini tidak hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga berupaya membangun kesadaran kolektif untuk menciptakan budaya damai di Kampung Rawa. Diharapkan, program ini dapat menjadi model yang dapat diterapkan di daerah lain dengan permasalahan serupa, sehingga generasi muda dapat tumbuh dalam lingkungan yang aman dan mendukung perkembangan mereka secara optimal.References
Agustina, L. (2023). Konsekuensi Hukum bagi Anak yang Terlibat Tawuran. Jurnal Hukum dan Masyarakat, 15(4), 112-124.
Faisal, A., & lainnya. (2021). Dampak Fisik Tawuran pada Remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(3), 145- 158.
Handayani, N. (2021). Peran Keluarga dalam Mencegah Tawuran di Kalangan Remaja. Jurnal Keluarga Sejahtera, 10(1), 45-58.
Hendriyati, E. (2022). Stigma Sosial terhadap Remaja yang Terlibat Tawuran. Jurnal Sosial dan Budaya, 11(1), 33-47.
Hendri, K.B. (2021). Dampak Tawuran Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Psikologi Anak dan Remaja, 5(2), 123-135.
Panggabean, H. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter untuk Mengurangi Konflik di Sekolah.
Prasetyo, A. (2022). Dampak Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 201-210.
Prayoga, W. (2024). Pengaruh Tawuran terhadap Prestasi Akademis Remaja. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan, 9(1), 201-215.
Prasetyo, E. (2020). Peran Pendidikan dalam Mencegah Tawuran di Kalangan Remaja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 45-58
Rahmawati, S. (2019). Konflik Sosial di Kalangan Remaja: Penyebab dan Solusi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).