PENDAMPINGAN PENERAPAN SCAFFOLDING BERMAIN MELALUI SENTRA MAIN PERAN MAKRO
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.1.31-44Kata Kunci:
scaffolding, bermain, sentra main peran, , guruAbstrak
Masih banyak lembaga Taman Kanak Kanak (TK) yang belum menerapkan bermain yang bermakna dalam metode pembelajarannya. Dua masalah mendasar yang sering dirasa sulit dilakukan adalah bagaimana setting bermainnya dan apa yang dilakukan guru dalam mendukung kegiatan bermain tersebut, agar potensi anak teroptimalkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, membantu TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83 yang memiliki hasrat untuk menerapkan pembelajaran berbasis bermain namun mengalami kesulitan untuk memulainya, Mengawali hal ini, disepakati bersama dengan mitra untuk melakukan program pendampingan menerapkan scaffolding (pijakan) bermain melalui sentra main peran makro. Metode pendampingan dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa sosialisasi , pelatihan, workshop, FGD lalu penerapannya yang diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukan TK Bustanul Athfal 83 telah memiliki sentra main peran , para guru telah mampu menerapkan scaffolding bermain , peserta didik mendapatkan pengalaman bermain yang bermakna, orang tua sepakat untuk melanjutkan kegiatan ini. Pengalaman pendampingan ini, telah menginspirasi TK ABA 83 ini untuk memprogram kegiatan bermain yang bermakna dalam metode pembelajaran di semester berikutnya, bahkan berniat memperluas bentuk setting main lainnya melalui berbagai sentra main.Referensi
Elirason, Claudia and Loa Jenkins. (2008). A Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New Jersey : Pearson Education.
Phelp, C. Pamela. (2005). Beyond Cribs Rattles : Fully Scaffolding Development Ifants and Todlers. Canada : Kaplan Early Learning Co.
The Creative Center for Childhood Research and Training Inc. (2005). Beyond Centers & Circle Time : Scaffolding and Assessing The Play Of Young Children . Florida : CRRT, 2005.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2023-06-23
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).