PENDAMPINGAN PENERAPAN SCAFFOLDING BERMAIN MELALUI SENTRA MAIN PERAN MAKRO

Penulis

  • Susilahati Susilahati Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/an-nas.3.1.31-44

Kata Kunci:

scaffolding, bermain, sentra main peran, , guru

Abstrak

Masih banyak lembaga Taman Kanak Kanak (TK)  yang belum menerapkan bermain yang bermakna dalam metode pembelajarannya. Dua masalah mendasar yang sering dirasa sulit dilakukan  adalah bagaimana setting bermainnya dan apa yang dilakukan guru dalam mendukung kegiatan bermain tersebut, agar potensi anak teroptimalkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, membantu TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83  yang memiliki hasrat untuk menerapkan pembelajaran berbasis bermain namun mengalami kesulitan untuk memulainya, Mengawali hal ini, disepakati bersama dengan mitra untuk  melakukan program pendampingan  menerapkan scaffolding (pijakan) bermain melalui sentra main peran makro. Metode pendampingan dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa sosialisasi , pelatihan, workshop, FGD lalu penerapannya yang diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukan TK Bustanul Athfal 83 telah memiliki sentra main peran , para guru telah mampu menerapkan scaffolding bermain , peserta didik mendapatkan pengalaman bermain yang bermakna, orang tua sepakat untuk melanjutkan kegiatan ini. Pengalaman pendampingan ini, telah menginspirasi TK ABA 83 ini untuk memprogram kegiatan bermain yang bermakna dalam metode pembelajaran  di semester berikutnya, bahkan berniat memperluas bentuk setting main lainnya melalui berbagai sentra main.

Biografi Penulis

Susilahati Susilahati, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Elirason, Claudia and Loa Jenkins. (2008). A Practical Guide to Early Childhood Curriculum. New Jersey : Pearson Education.

Phelp, C. Pamela. (2005). Beyond Cribs Rattles : Fully Scaffolding Development Ifants and Todlers. Canada : Kaplan Early Learning Co.

The Creative Center for Childhood Research and Training Inc. (2005). Beyond Centers & Circle Time : Scaffolding and Assessing The Play Of Young Children . Florida : CRRT, 2005.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-23