PELATIHAN PEMBUATAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIPHTML5 PADA GURU SDN SUKAJADI 01
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.3.1.7-12Kata Kunci:
Aplikasi, e-modul, , FlipHTML5Abstrak
Permasalahan yang dihadapi adalah guru belum mampu mengembangkan bahan ajar seperti modul ajar dalam pembelajaran yang diberikan di sekolah. Guru masih terbatas dalam menggunakan bahan ajar ataupun media pembelajaran pada siswa. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru mengupayakan pelaksanaan pembelajaran yang lebih inovatif dan efektif serta dapat menggambarkan konsep-konsep terkait pembelajaran dengan menggunakan e-modul berbasis aplikasi flip book maker. Untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang interaktif, dan kreatif kepada sekolah mitra dengan bentuk pelatihan penggunaan aplikasi e-learning berbasis moodle digunakan secara luring dan online. Pelatihan e-modul berbasis aplikasi flip book maker FlipHTML5 ini diberikan kepada guru Sekolah Dasar Negeri 01 Sukajadi Pandeglang. Metode penelitian dilakukan melalui beberapa tahapan seperti, tahap persiapan, partisipasi mitra dalam pelaksanaan program, serta evaluasi pelaksanaan program dan keberlanjutan program. Penelitian menggunakan skala Likert diperoleh persentase kepuasan mitra sebesar 53% dan frekuensi sebanyak 115 dengan kategori sangat puas.Referensi
Jayawardana, H. B. A. 2017. “Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital.” Jurnal Bioedukatika 5(1):12–17. doi: 10.26555/bioedukatika.v5i1.5628.
Divayana, Dewa Gede Hendra, P. Wayan Arta Suyasa, and Nyoman Sugihartini. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum Dan Pengajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 5(3):149.
Indarto, Pungki, Muhad Fatoni, and Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018. “Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Sepakbola Di Pendidikan Olahraga FKIP UMS.” Pp. 55–64 in Seminar Nasional Pendidikan 2018.
Dewi, Athanasia Octaviani Puspita. 2019. “Penggunaan Mobile Library Untuk Perpustakaan Digital.” Anuva 3(2):151–55.
Mulyati, Tita. 2016. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2):1–20.
Ilmi Sawianti, Musdalifah, Susdiyanto. 2019. “Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Manajemen Pendidikan 14(1):1–7.
Muammar, Muammar, and Suhartina Suhartina. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak.” KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan 11(2):176–88. doi: 10.35905/kur.v11i2.728.
Adam, Steffi, and Muhammad Taufik Syastra. 2015. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.” CBIS Journal 3(2):78–90.
Karisman, Aprian. 2019. “Aplikasi Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 6(1):18–30. doi: 10.35957/jatisi.v6i1.166
Maimunah, Maimunah. 2016. “Metode Penggunaan Media Pembelajaran.” Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban 5(1):1–24. doi: 10.28944/afkar.v5i1.107.
Junita, Junita, and Marlina Siregar. 2017. “Penelitihan Tindakan Kelaspengaruh Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Materi Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VII Mts Negeri 2 Rantauprapat Tahun Pelajaran 2012/2013.” CIVITAS (JURNAL PEMBELAJARAN DAN ILMU CIVIC) 1(1):48–54.
Anggraeni, Poppy, and Aulia Akbar. 2018. “Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran.” Jurnal Pesona Dasar 6(2):55–65. doi: 10.24815/pear.v6i2.12197.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).