PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR TEMATIK TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.23-32Kata Kunci:
karakter religius, bahan ajar tematik.Abstrak
Pentingnya memperkuat pendidikan karakter religius berbasis Al-Qur'an di SD Lab School FIP UMJ menjadi fokus utama pengabdian ini. Pelatihan diberikan kepada guru-guru untuk menyusun bahan ajar tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter religius. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul pembelajaran yang menggabungkan aspek tematik dengan nilai-nilai karakter Al-Qur'an. Melalui pendekatan kemitraan, pelatihan memberdayakan para pendidik, menciptakan antusiasme dan motivasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kurikulum. Hasil pengabdian mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun modul tematik terintegrasi dengan karakter religius Al-Qur'an.Referensi
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Al-Ghazali, M. (1975). Ihya’ ‘Ulum al-Diin, Juz IV. Khalab Wahyu Syrkah.
Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865
Budiyono, A. (2019). Konsep Pendidikan Islam Mengenai Akhlak Perspektif Al Ghazali (Kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin). DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 1–18. https://doi.org/10.32764/dinamika.v4i2.781
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592
Framz Hardiansyah, M. (2020). IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH : STUDI Pendahuluan Penanaman nilai religius adalah suatu kesadaran dan terencana demi menyiapkan peserta didik dalam hal mengenal , dan memahami , menghayati , mengamalkan sehingga timbul. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.
Hasanah, M. (2018). Hubungan Antara Religiusitas dengan Resiliensi Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 84–94.
Mujtaba, I., Bahfen, M., Farihen, F., Maharani, P. G., & Robbaniyyah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Al Qur’an Melalui Metode Qira’Ati Pada Siswa Kelas 2 Sd Lab School Fip Umj. Jurnal Holistika, 6(2), 73. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.73-79
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Rahmawati, F. A. (2023). The Akhlak Education of Ibn Miskawaih and Its Implementation in the UNIDA Gontor Environment. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 128–139. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.485
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).