PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR TEMATIK TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS BERBASIS AL QUR’AN

Penulis

  • Imam Mujtaba Mujtaba Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Farihen Farihen Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Dewi Setianingsih Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sularno Sularno Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Zaki Mahardika Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Putri Garda Maharani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fazira Adriani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/an-nas.4.1.23-32

Kata Kunci:

karakter religius, bahan ajar tematik.

Abstrak

Pentingnya memperkuat pendidikan karakter religius berbasis Al-Qur'an di SD Lab School FIP UMJ menjadi fokus utama pengabdian ini. Pelatihan diberikan kepada guru-guru untuk menyusun bahan ajar tematik yang terintegrasi dengan pendidikan karakter religius. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mengembangkan modul pembelajaran yang menggabungkan aspek tematik dengan nilai-nilai karakter Al-Qur'an. Melalui pendekatan kemitraan, pelatihan memberdayakan para pendidik, menciptakan antusiasme dan motivasi untuk mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan ke dalam kurikulum. Hasil pengabdian mencakup peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun modul tematik terintegrasi dengan karakter religius Al-Qur'an.

Biografi Penulis

Farihen Farihen, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Dewi Setianingsih, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGSD

Sularno Sularno, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Agroteknologi

Putri Garda Maharani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PG PAUD

Fazira Adriani, Universitas Muhammadiyah Jakarta

PGSD

Referensi

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Al-Ghazali, M. (1975). Ihya’ ‘Ulum al-Diin, Juz IV. Khalab Wahyu Syrkah.

Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865

Budiyono, A. (2019). Konsep Pendidikan Islam Mengenai Akhlak Perspektif Al Ghazali (Kajian Kitab Ihya’ Ulumuddin). DINAMIKA : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 4(2), 1–18. https://doi.org/10.32764/dinamika.v4i2.781

Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592

Framz Hardiansyah, M. (2020). IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH : STUDI Pendahuluan Penanaman nilai religius adalah suatu kesadaran dan terencana demi menyiapkan peserta didik dalam hal mengenal , dan memahami , menghayati , mengamalkan sehingga timbul. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 15–24.

Hasanah, M. (2018). Hubungan Antara Religiusitas dengan Resiliensi Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Proceeding National Conference Psikologi UMG, 84–94.

Mujtaba, I., Bahfen, M., Farihen, F., Maharani, P. G., & Robbaniyyah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Berbasis Al Qur’an Melalui Metode Qira’Ati Pada Siswa Kelas 2 Sd Lab School Fip Umj. Jurnal Holistika, 6(2), 73. https://doi.org/10.24853/holistika.6.2.73-79

Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985

Rahmawati, F. A. (2023). The Akhlak Education of Ibn Miskawaih and Its Implementation in the UNIDA Gontor Environment. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(1), 128–139. https://doi.org/10.51590/waraqat.v8i1.485

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30