Green Marketing dan Implikasinya Terhadap Sustainable Development di Era Globalisasi, Kajian Terhadap Strategi Pemasaran yang Berkelanjutan
Abstract
Kajian ini ingin mengungkapkan tentang perkembangan strategi marketing pada era globalisasi, dimana tidak saja
mengedapankan kualitas, harga dan manfaat produk, tetapi juga peduli terhadap kelestarian lingkungan, tanggung
jawab sosial terhadap lingkungan industri agar mampu menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Mengambil
perspektif pemasaran yang luas, konseptualisasi baru mengusulkan penggunaan tiga tujuan pembangunan berkelanjutan
yang merupakan kunci dalam strategi pemasaran perusahaan yakni ekonomi, sosial, dan ekologi keberlanjutan, yang
merupakan tiga pilar utama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Dewasa ini tantangan utama untuk
memenangkan persaingan bisnis adalah cara berpikir kreatif tentang bagaimana pemasaran dapat memenuhi kebutuhan
sebagian besar populasi dunia untuk memenuhi standar hidup yang lebih baik di tengah-tengah pembangunan
berkelanjutan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, diperlukan konsep baru yang disebut Pemasaran Hijau (green
marketing), yang merupakan kekuatan baru untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Kajian ini bertujuan selain mencoba untuk memperkenalkan konsep pemasaran hijau, menjelaskan mengapa pemasaran
hijau penting dalam situasi global saat ini, juga ingin menggambarkan masalah dasar yang terkait dengan pemasaran
hijau dan memberikan saran solusi yang diperlukan. Lebih dari itu kajian ini juga membahas tren terbaru dalam
pemasaran hijau, dan menguraikan bagaimana pemasaran hijau dapat menjadi sarana bagi pembangunan berkelanjutan.
mengedapankan kualitas, harga dan manfaat produk, tetapi juga peduli terhadap kelestarian lingkungan, tanggung
jawab sosial terhadap lingkungan industri agar mampu menciptakan pembangunan yang berkelanjutan. Mengambil
perspektif pemasaran yang luas, konseptualisasi baru mengusulkan penggunaan tiga tujuan pembangunan berkelanjutan
yang merupakan kunci dalam strategi pemasaran perusahaan yakni ekonomi, sosial, dan ekologi keberlanjutan, yang
merupakan tiga pilar utama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Dewasa ini tantangan utama untuk
memenangkan persaingan bisnis adalah cara berpikir kreatif tentang bagaimana pemasaran dapat memenuhi kebutuhan
sebagian besar populasi dunia untuk memenuhi standar hidup yang lebih baik di tengah-tengah pembangunan
berkelanjutan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, diperlukan konsep baru yang disebut Pemasaran Hijau (green
marketing), yang merupakan kekuatan baru untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (sustainable development).
Kajian ini bertujuan selain mencoba untuk memperkenalkan konsep pemasaran hijau, menjelaskan mengapa pemasaran
hijau penting dalam situasi global saat ini, juga ingin menggambarkan masalah dasar yang terkait dengan pemasaran
hijau dan memberikan saran solusi yang diperlukan. Lebih dari itu kajian ini juga membahas tren terbaru dalam
pemasaran hijau, dan menguraikan bagaimana pemasaran hijau dapat menjadi sarana bagi pembangunan berkelanjutan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Business and Management Journal (BMJ)
e-ISSN: 0000-0000
Penerbit
Magister Manajemen
Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jakarta 15419 Indonesia
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Ciputat, Jakarta 15419, Indonesia
Tel. +62 21 7492875 Fax. +62 21 7493002; WA; 08881287893
E-mail: bmj.umj@gmail.com
Website: http://pascasarjanaumj.org/jurnalpage-1
alamat kampus : link google maps