WASTE KRITIS PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO : LEAN MANAGEMENT APPROACH
Abstract
Instalasi farmasi merupakan salah satu terminal pelayanan kesehatan yang berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga dituntut untuk selalu meningkatkan mutu yang berorientasi pada tercapainya kepuasan pasien selaku end customer. Pendekatan lean management bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan berfokus mengeliminasi pemborosan (waste) yang terjadi dalam proses pelayanan. Pendekatan lean management pada penelitian ini difokuskan dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah 14 orang yaitu terdiri dari 1 orang kepala bagian instalasi farmasi, 1 orang apoteker, dan 12 orang yang bertugas di instalasi farmasi rawat jalan. Berdasarkan pemetaan VSM (Value Stream Mapping) diperoleh VAR (Value Add Ratio) untuk resep non racikan sebesar 17,80%, sedangkan untuk resep racikan sebesar 18,68%. Keberadaan waste overprocessing menduduki peringkat tertinggi dengan persentase sebesar 26%. Faktor penyebab dari waste overprocessing adalah karena banyaknya proses pelayanan yang masih dilakukan secara manual, sehingga dianggap kurang efektif dan buang-buang waktu. Usulan perbaikan untuk faktor penyebab waste kritis tersebut adalah dengan menggunakan software khusus yang bisa mewakili pekerjaan petugas farmasi dalam proses penginputan data, sehingga tidak perlu menginput data berulang kali. Overprocessing (proses berlebihan) ditetapkan sebagai waste kritis dalam proses pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
---
The pharmaceutical installation is one of the health service terminals that face to face with the community so that it is required to always improve the quality oriented towards achieving patient satisfaction as the end customer. The lean management approach aims to improve service quality by focusing on eliminating waste that occurs in the service process. The lean management approach in this study was focused on the Outpatient Pharmacy Installation at RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. This research method uses qualitative research methods with a case study approach. The research subjects were 14 people consisting of 1 head of the pharmaceutical installation department, 1 pharmacist, and 12 people on duty at the outpatient pharmacy installation. Based on VSM mapping, VAR is obtained for non-concoction recipe is 17,80%, while for concoction recipe is 18,68%. The existence of waste overprocessing is ranked highest with a percentage of 26%. The cause of waste overprocessing is due to the many service processes that are still done manually, so that they are considered to be less effective and a waste of time. The proposed improvement for the causes of critical waste are by using special software that can represent the work of inputting data, that there is no need to enter data repeatedly. Overprocessing is determined as critical waste in the service process at the Outpatient Pharmacy Installation of dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Hospital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemenkes RI. (2008). Peratuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 129 tahun 2008, tentang standar pelayanan minimal rumah sakit. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2014). Peratuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014, tentang standar pelayanan farmasi rumah sakit. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Megawati. (2015). Penurunan waktu tunggu pelayanan obat rawat jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu. Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol. 28, No. 2,.Malang:Universitas Brawijaya Malang. http://www.jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/956
Putri, Lusi R. (2017). Pendekatan lean hospital untuk mengidentifikasi waste kritis di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Jurnal Medicoeticolegel dan Manajemen Rumah Sakit. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol.6 No.2, Hal 163-173.
mmfNancy. (2014). Pendekatan lean hospital untuk perbaikan berkelanjutan (Continues Improvement) proses pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bethesda. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Vol.4 No.2 , Hal: 91-98.
Kim Cs, S. D. (2006). Lean Health Care: What Can Hospital Learn From A World Class Automaker? Dipetik dari Pubmed: Http://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/17219493
Graban. (2009). Lean hospital: improving quality, patient safety, and employee satisfication. Dipetik Dari Crc Press: Https://Www.Crcpress.Com/Lean-Hospitals-Improving-Quality-Patient-Safety-And-Employee-Satisfaction/Graban/P/Book/9781420083804
Gasperz. (2011). A lean six sigma for manufacturing and service industries. Dipetik dari Http://Cdn.Intechopen.Com/Pdfs-Wm/31666.Pdf
Boos, H. D. (2013). Lean principles in healthcare rehabilitation: suggestions for implementation. in: Proceedings Of The Seventh International Conference On Healthcare Systems & Global Business Issues. Dipetik dari Http://Www.Inahea.Org/Files/Hari2/1.%20heri%204.22_We_Op_Heri.Pdf.
Safitri, I., Kautsar, A. (2010). Peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit menggunakan metode lean management. Jurnal Suplemen. Vol.5, No.1, Hal.47-53.
Azizah, N., Ciptono,W., Satibi. (2017). Analisis proses pengelolaan obat RSUD di Jawa Timur dengan pendekatan lean hospital. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol.7, No.1, Hal.49-56
Nunuhitu, T., Rivai, F., & Suriah. (2017). Effect of lean management application in Pharmaceutical Stella Maris Hospital Makassar. International Journal Of Sciences: And Applied Research, Vol.36, No.4, Hal.286-295
Milasari, A.Y. (2017). Pendekatan lean management pada proses pelayanan resep obat di Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Pusat RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.Tesis. MRS, Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kedokteran. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.24853/eohjs.1.1.81-100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jl. KH. Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat
Tangerang Selatan, 15419,
Email: jurnal_eohsj@umj.ac.id