WASTE KRITIS PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO : LEAN MANAGEMENT APPROACH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rincian Artikel
Referensi
Kemenkes RI. (2008). Peratuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 129 tahun 2008, tentang standar pelayanan minimal rumah sakit. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Kemenkes RI. (2014). Peratuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014, tentang standar pelayanan farmasi rumah sakit. Jakarta. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Megawati. (2015). Penurunan waktu tunggu pelayanan obat rawat jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Baptis Batu. Jurnal Kedokteran Brawijaya. Vol. 28, No. 2,.Malang:Universitas Brawijaya Malang. http://www.jkb.ub.ac.id/index.php/jkb/article/view/956
Putri, Lusi R. (2017). Pendekatan lean hospital untuk mengidentifikasi waste kritis di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan. Jurnal Medicoeticolegel dan Manajemen Rumah Sakit. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol.6 No.2, Hal 163-173.
mmfNancy. (2014). Pendekatan lean hospital untuk perbaikan berkelanjutan (Continues Improvement) proses pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Bethesda. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi. Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. Vol.4 No.2 , Hal: 91-98.
Kim Cs, S. D. (2006). Lean Health Care: What Can Hospital Learn From A World Class Automaker? Dipetik dari Pubmed: Http://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/17219493
Graban. (2009). Lean hospital: improving quality, patient safety, and employee satisfication. Dipetik Dari Crc Press: Https://Www.Crcpress.Com/Lean-Hospitals-Improving-Quality-Patient-Safety-And-Employee-Satisfaction/Graban/P/Book/9781420083804
Gasperz. (2011). A lean six sigma for manufacturing and service industries. Dipetik dari Http://Cdn.Intechopen.Com/Pdfs-Wm/31666.Pdf
Boos, H. D. (2013). Lean principles in healthcare rehabilitation: suggestions for implementation. in: Proceedings Of The Seventh International Conference On Healthcare Systems & Global Business Issues. Dipetik dari Http://Www.Inahea.Org/Files/Hari2/1.%20heri%204.22_We_Op_Heri.Pdf.
Safitri, I., Kautsar, A. (2010). Peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit menggunakan metode lean management. Jurnal Suplemen. Vol.5, No.1, Hal.47-53.
Azizah, N., Ciptono,W., Satibi. (2017). Analisis proses pengelolaan obat RSUD di Jawa Timur dengan pendekatan lean hospital. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, Vol.7, No.1, Hal.49-56
Nunuhitu, T., Rivai, F., & Suriah. (2017). Effect of lean management application in Pharmaceutical Stella Maris Hospital Makassar. International Journal Of Sciences: And Applied Research, Vol.36, No.4, Hal.286-295
Milasari, A.Y. (2017). Pendekatan lean management pada proses pelayanan resep obat di Pelayanan Farmasi Rawat Jalan Pusat RSPAD Gatot Soebroto Ditkesad.Tesis. MRS, Program Studi Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kedokteran. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.