KESIAPAN PARA GURU SEBAGAI PENGEMBANG KURIKULUM DALAM MERESPON PERUBAHAN KURIKULUM

Maesaroh Lubis

Abstract


Kurikulum merupakan bagian dari suatu sistem pengelolaan pembelajaran yang menyangkut perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dan menjadi pedoman atau panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sebagai pengembang kurikulum, guru memiliki kewenangan dalam mendesain (makna yang lebih aplikatif dari “perencanaan”) kurikulum, yaitu menentukan tujuan dan isi pelajaran yang akan disampaikan, menentukan strategi yang akan dikembangkan dan sistem evaluasi yang akan digunakan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauhmana kesiapan guru dalam merespon perubahan kurikulum yang terjadi. Gambaran kesiapan para guru tersebut terdiri dari kegiatan merencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran dengan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis teori-teori pembelajaran dan temuan data yang diperoleh melalui wawancara.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ