PERAN INDONESIA TRADE PROMOTION CENTRE DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN INDONESIA DI LUAR NEGERI TAHUN (2017)

Karina Nilu Fari, Ma’mun Murod, Usni Usni

Abstract


Beberapa penelitian mengungkapkan peran penting adanya Export Promotion Agencies (EPA) terhadap peningkatan ekspor suatu negara untuk membangun jejaring distribusi, identifikasi pelanggan, dan memahami peraturan di negara importir. Indonesia sendiri telah menerapkan strategi tersebut dengan mendirikan lembaga sejenis EPA yaitu, Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) yang mempunyai peran mewujudkan kepentingan nasional Indonesia di luar negeri Penelitian ini berupaya untuk menganalisis Peran ITPC Indonesia  dalam meningkatkan perdagangan Indonesia di luar negeri. Metode yang dinilai tepat untuk digunakan dalam studi ini adalah kualitatif yang sifatnya deskriptif analisis. Hasil penelitian ini melihat bahwa ITPC mempunyai peran yang sangat penting dalam mewujudkan kepentingan nasional Indonesia di luar negeri antara lain mencakup sebagai salah satu perwakilan pemerintah dalam berbagai penyediaan informasi, memfasilitasi kerjasama perdagangan, serta membantu menjembatani hubungan dagang antara Indonesia dengan beberapa negara penempatan. Salah satunya dengan membuka ITPC di Hongaria. Keberadaan Indonesian Trade Promotion Centre di Hongaria merupakan kebijakan strategis dari Kementerian Perdagangan RI.

Full Text:

PDF

References


Wiratna, Sujarweni.2014.Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipa-hami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.hal 6.

Bakry, Umar Suryadi. 2016.Metode Penelitian Hubungan Internasional. Yogyakarta : Hal 17.

Cholid, Narbuko. 2008. Metode Penelitian. Bandung : Bumi Aksara.Hal 41.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Kuanti-tatif, Kualitatif dan R&D.Bandung : CV. Alfabeta.hal 29.

Haryanto. Metode Penulisan dan Penyajian Ilmiah. Jakarta : Gramedia Pustaka.hal 78.

Afrizal. Metode Penelitian Kualitatif. Jakar-ta : Raja Grafindo Pustaka. Hal 122.

Ummun Naziya Qasim, 2017. Kerjasama Perdagangan dan Investasi antara Indonesia dan Hongaria saat Krisis Eropa Tahun 2008-2016. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Athfinda Widi Hapsari, “Peran Promosi Ekspor Indonesia Trade Promotion Center Chicago dalam Perdagangan Bilateral Indonesia-Amerika Serikat Tahun 2009-2014” Jurnal Tahun 2015.

Ayu Sinta Saputri, “Dampak Keberadaan Perwakilan Perdagangan Luar Negeri Terhadap Kinerja Ekspor Non Migas Indonesia Tahun 2016.”

Raudah Oktaviani, “Kebijakan Pemerintah Indonesia Membentuk Indonesia Trade Promotion Center Terhadap Korea Selatan Tahun 2012.”

Prahastuti Maharani, “Commercial Diplomacy on Export Performance Case Study of Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) , hal 13-14.”

Strategi Pembangunan Ekonomi, 2014.https://datakata.wordpress.com/2014/04/02/strategi-pembangunan-ekonomi/pada 27 november 2017.

Kazunobu HAYAKAWA,DKK,” Do Export Promotion Agencies Increase Exports”, diakses dari file:///C:/Users/alam/AppData/Local/Temp/IDP000313_001.pdf,pada 29 November 2018.

Kontan, Kemdag perbarui atase perdagangan di 18 negara,diakses dari https://industri.kontan.co.d pada 1 Januari 2018.

Diakses dari. http://ntbprov.sip-ppid.net. Pada tanggal 12 April 2018.

Teori Perdagangan Internasional diakses dari https://www.academia.edu/8732972/TEORI-TEORI_PERDAGANGAN_INTERNASIONAL ,pada 12.11.2018.

ITPC Indonesia ,diakses dari http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2015/10/29/Kemendag_INTRA%20V-Layout%20Design-WebRes%20Final.pdf ,pada 28 ,Desember 2018.

Diakses dari. http://ntbprov.sip-ppid.net. Pada tanggal 22 Desember 2018.

Kementerian Perdagangan 2018 “Pejabat Atase Perdagangan dan ITPC”, Di akses dari http://www.kemendag.go.id/id/trade-representatives/trade-attache-and-indonesia-trade-promotion-center-itpc ,pada 01 Januari 2019.

KBBRI ,Tugas dan Fungsi Atase Perdagangan,diakses dari http://www.kbricph.dk/index.php/29-pejabat/13-atase-perdagangan ,pada 01 Januari 2019.

Hikmahanto Juwana, Perwakilan RI di Luar Negeri Harus Jadi Marketing Intelijen,di akses dari https://www.beritasatu.com/makro/310593-perwakilan-ri-di-luar-negeri-harus-jadi-marketing-intelijen.html ,pada 02,Januari 2019.

file:///C:/Users/alam/AppData/Local/Temp/PMaharani_MA_2014_15_ECD_DD.pdf ,pada 02 Januari 2019.

Kemendag ,Kinerja Ekspor Indonesia 2016,di akses dari file:///C:/Users/alam/Downloads/Documents/8331514958117.pdf

(Sumber : http://finansial.bisnis.com)

Warta Eksport,kinerja eksport indonesia,darifile:///C:/Users/alam/Downloads/Documents/8331514958117.pdf

ITPC BUDAPEST,market Brief produk paku dan Sekruf di hongaria ,di akses dari bud.hu/sites/5999947fb476df18e0391d78/content_entry5999958fb476df18e0391dcb/5a3760a0b476df6654e05178/files/11.pdf?

http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/12275/11_jurnal

Diakses dari http://repository.umy.ac.id pada 12 April 2018.

Kemendag ,2017.Ekspor kelapa ke Hungaria terus melejit, diakses dari http://www.kemendag.go.id/files/pdf/2017/02/17/ekspor-produk-kelapa-ke-hongaria-terus-melejit-id0-1487314848.pdf

ITPC Budapest ,2015.Potensi Crud Palm Oil Hongaria,diakses dari http://itpc-bud.hu/sites/5999947fb476df18e0391d78/content_entry5999958fb476df18e0391dcb/5a37616fb476df6654e05187/files/02.pdf?1513578863.

ITPC Budapest, 2015. Potensi Pasar PRODUK PALM OIL DI NEGARA HONGARIA,di akses dari http://itpc-bud.hu/sites/5999947fb476df18e0391d78/content_entry5999958fb476df18e0391dcb/5a37616fb476df6654e05187/files/02.pdf?1513578863.

ITPC Budapest,2015, Potensi Produk Paku dan Sekrup,di akses dari http://www.itpc-bud.hu/sites/5999947fb476df18e0391d78/content_entry5999958fb476df18e0391dcb/5a3760a0b476df6654e05178/files/11.pdf?1513578656.




DOI: https://doi.org/10.24853/independen.1.1.54-63

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global Indexed by:

Google ScholarGarba Rujukan Digital(Garuda)


Jurnal INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia dan Global (e-ISSN:2721-9755).

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ