Determinan Tingkat Pemahaman Akuntansi Dari Perspektif Gender
Abstract
This study aims to examine the effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence, learning behavior, and accounting practicum on the level of understanding of accounting as well as looking at the differences based on a gender perspective. This research uses primary data. This study includes research with a quantitative approach. Determination of the sample in this study using Stratafied random sampling technique and technical analysis of the data used is multiple linear regression analysis. The population in this study were S1 Accounting students in 2014 at Muhammadiyah University Jakarta, UIN Jakarta, and STIE Ahmad Dahlan Jakarta, with a total sample of 214 respondents. The results showed that partially intellectual quotient, spiritual quotient, learning behavior, and accounting practicum had a positive and significant effect on the level of accounting understanding while emotional quotient
had no positive and significant effect on the level of accounting understanding. And found differences in intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual quotient between male and female students. While learning behavior, accounting practicum, the level of understanding of accounting there is no difference between male students and female students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, A. G. (2007). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: the ESQ way 165. Jakarta: ARGA.
AM, Mukhlisah. (2015). Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia. UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 118-143.
Anam, H., & Ardillah, L. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi, Jurnal Sains Terapan, 1(2), 40-47.
Ariantini, S., & Herawati. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Sosial terhadap Pemahaman Akuntansi. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 7(1).
Aziz, R., & Mangestuti, R. (2005). Tiga jenis kecerdasan dan agresivitas mahasiswa. Jurnal Psikologika, 21(11), 64-77.
Chung, J., & Monroe, G. S. (1998). The Effects of Gender And Task Complexity On Audit Judgment. Behavioral Research in Accounting, 13(1), 111–125.
Endrawati, Z. (2005). Peningkatan Pemahaman dan Ketrampilan Kompetensi Akuntansi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Padang, Jurnal Akuntansi 1(1), 25-33.
Febrianti, N. A. K. (2015). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi dengan Gender sebagai Variabel Moderating. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya. Diunduh dari https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q =&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiFzanh6rzqAhUa83MBHfylCkQQFjABegQIARAB&url=http%3A%2F%2Feprints.perbanas.ac.id%2F579%2F2%2FARTIKEL%2520ILMIAH.pdf&usg=AOvVaw3eXkY2M3RpS9o5JPnZFYEv tanggal 26 Juni 2019.
Goleman, D. (2003). Healing Emotions: Conversations with the Dalai Lama on Mindfulness, Emotions, and Health. United State: Shambhala Publications.
Herli, F., Kamaliah, & Silvi, A. (2014), Pengaruh Kecerdasan Emosional Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi, JOM FEKOM, 1(2), 1-15.
Ika, D. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, dan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi Dipandang dari Segi Gender pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 3(2), 111-132.
Juliastantri, M. D. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember, 1-6.
Junifar, N. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(10), 1-20.
Khaerani, & Agung, S. R. E. W. (2014). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi. MAKSIMUM, 4(1), 18-22.
Mariati. (2014). Peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap praktikum akuntansi dengan strategi peninjauan kembali ala permainan holly-wood squares, Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 14(2).
Melandy, R., & Aziza, N. (2006). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.
Mispiyanti, & Kristanti, I. N. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 16(1), 80-99.
Mutia, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa (Studi Empiris Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi di Kota Padang). Jurnal WRA, 3(2), 639-654.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 64-74.
Nuraida, & Hasan, M. Z. (2017). Pola Komunikasi Gender Dalam Keluarga. Wardah: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan, 18 (2), 181-200.
Nuraini, M. (2007). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Beta, 5(2).
Omrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Erlangga
Onah, & Sofia, M. (2015). Pengaruh Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Umrah. JEMI, 6(2), 1-12.
Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual pada Pemahaman Akuntansi dengan Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 62-76.
Purnamaningsih, N. K., & Ariyanto, D. (2016). Pengaruh Gender, Usia, Tingkat Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udyana, 17(2), 996-1029.
Rimbano, D., & Putri, M. S. E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 15, 11-32.
Riswandi, P., & Lakoni, I. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Mata Kuliah Pengantar Akuntansi dengan Perilaku Belajar sebagai Variabel Moderasi Di PTN dan PTS Kota Bengkulu, Journal Of Accounting Science, 1(2), 143-154.
Rokhana, L. A., & Sutrisno, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Media Ekonomi dan Manajemen, 31(1), 26-38.
Ruditya. (2012). Perbedaan Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin, Jurusan saat SMU, dan Angkatan Masuk Kuliah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Ruegger, D., & King, E. W. (1992). A study of the effect of age and gender upon student business ethics. Journal of Bussines Ethic, 11, 179-186.
Rustiana, H. (2003). Gambaran Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) dan Perilaku Coping Anak- anak Korban Kerusuhan Maluku Utara. Tazkiya. 3(1), 46-64.
Satria, M. R., & Fatmawati, A. P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi di Kota Bandung. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 66-80.
Sebayang, D. A. (2015). Perbedaan Kecerdasan Emosional Ditinjau dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Psikologi UKSW Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana
Sinarti, & Sari, U. D. M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Akuntansi dari Perspektif Gender. Di unduh dari http://p2m.polibatam.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/09-ULFA-DWI-MUSTIKA-SARI_ARTIKEL-ABEC.pdf
Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke-20, Alfabeta. Bandung.
Sundem, G. L., & Williams, D. (1992). Changes in Accounting Education: Preparing -for the Twenty-First Century. Accounting Education, 1, 55-61.
Suprianto, E., & Hariyoga, S. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dengan Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi, Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.
Hatta, M., & Fenny, M. (2014). Kecemasan dalam Penggunaan Software Akuntansi dari Perspektif Gender dan Pengaruhnya terhadap Keahlian Pemakai dengan Locus Of Control sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi 16 Manado.
Titisari, K. H., & Wijayanti, A. 2014. Model Pembelajaran Praktikum Akuntansi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(2), 194-207.
Tjun, S., & Sinta. (2009). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Akuntansi dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi 1(2), 101-118.
Trinovryan, A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dilihat Dari Perspektif Gender. Jurnal Akuntansi Vol. 3 No. 1, Februari 2016.
Wasty, S. (2006). Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Widatik, R., & Kristianto. (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 12(1), 17-26.
Yorika, Y., Nasir, A., & Azlina N. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Universitas Riau.
DOI: https://doi.org/10.24853/jago.1.1.24-37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Akuntansi dan Governance Indexed by:
Copyright of Jurnal Akuntansi dan Governance (e-ISSN:2745-4711).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License