ANALISIS CAPAIAN PEMBELAJARAN PAI BAGI ABK PADA KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencapaian pembelajaran PAI bagi ABK pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Metode penelitian menggunakan metode kepustakaan (library study) yaitu pengumpulan data dan informasi dengan bantuan materi yang terdapat dalam kepustakaan. Penelitian ini memusatkan perhatian pada kajian kepustakaan tentang Analisis Capaian Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sesuai dengan masalah pokok yang dibahas, maka penelitian ini dimulai dengan mengklasifikasikan capaian pembelajaran PAI bagi ABK dalam Kurikulum Merdeka. Sumber data ada dua: Pertama, data primer adalah data yang diperoleh dari Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran PAI bagi ABK. Kedua, data sekunder merupakan sumber pendukung seperti buku, jurnal, dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Capaian Pembelajaran PAI bagi ABK pada Kurikulum Merdeka dibedakan menjadi 6 fase yaitu fase A (Usia Mental ≤ 7 Tahun, SDLB Kelas I dan II), Fase B (Usia Mental ± 8 Tahun, SDLB Kelas III dan IV), Fase C (Usia Mental ± 8 Tahun, SDLB Kelas V dan VI), Fase D (Usia Mental ± 9 Tahun, SMPLB Kelas VII, VIII dan IX), Fase E (Usia Mental ± 10 Tahun, SMALB Kelas X), Fase F (Usia Mental ± 10 Tahun, SMALB Kelas XI dan XII). Capaian Pembelajaran PAI bagi ABK pada tiap fase terdiri dari 5 unsur yaitu Al-Quran dan hadis, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Peradaban Islam.
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI. AlQur'an dan Terjemahannya, 2019.
Kepmendikbud Ristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Kemendikbud Ristek Nomor 008/H/KR/2022 Lampiran IV Tentang Capaian Pembelajaran untuk SDLB, SMPLB, dan SMALB pada Kurikulum Merdeka
Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Siti Rohmah dkk. Ayat-ayat dan Hadis Pendidikan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2023. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=UfLNEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:da2z_ftWhlIJ:scholar.google.com&ots=A33Q0fZCuK&sig=Yj0sorUO1rJWMvaUCwJzJAclDqE
S Rohmah dkk. Analisis Materi AlQur’an Hadis dalam KMA nomor 183 tahun 2019, Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2023. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/19414
UU RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.
Yahdinil Firda Nadhirah. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Serang: Media Madani, 2021.
Khufazo Ilman Putra, dkk. Jurnal JKII, Vol 1 No 2, Desember 2023. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JKII/article/view/21253/10102
DOI: https://doi.org/10.24853/jkii.2.2.248-259
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pengindeksan Jurnal Kemuhammadiyahan dan Integrasi Ilmu Oleh: