Analisis Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Pada Program Studi Pendidikan Dokter

Nyono Nyono, Patmawati Patmawati, Rr. Eko Susetyarini, Febri Endra Budi Setyawan

Abstract


Pembelajaran daring merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh staf pendidik untuk melanjutkan keberlangsungan proses pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 dan menimbulkan dilema tersendiri bagi mahasiswa pendidikan dokter karena tidak dapat melakukan interaksi secara langsung baik dengan dosen, teman maupun pasien karena alasan keamanan dan keselamatan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran daring yang dilakukan pada Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang. Desain penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan analitik observasional pada 336 mahasiswa dan 23 dosen yang diperoleh secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Analisa data dilakukan secara deskriptif dan korelasi menggunakan uji Lambda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi mencari informasi tentang COVID-19 berkorelasi terhadap jenis kelamin dan umur mahasiswa (p<0,05), efektifitas aplikasi google meet memiliki korelasi dengan jenis kelamin dosen (p<0,05), serta lokasi mencari informasi juga berkorelasi dengan lama mengajar dosen (p<0,05). Pembelajaran daring melalui aplikasi google meet dan zoom dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran pada masa pandemi walaupun mahasiswa lebih menyukai penggunaan aplikasi google meet. Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran daring.


Keywords


COVID-19; pandemi; pembelajaran daring; pendidikan dokter

Full Text:

PDF

References


World Health Organization (WHO). Archived:WHO Timeline-COVID-19 [Internet]. 2020 [cited 2020 Jul 25]. Available from: https://www.who.int/news/item/27-04-2020-who-timeline---COVID-19

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Corona virus disease 2019. Peratur Menteri Kesehat Republik Indones. 2020;Nomor 9(Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus DIsease 2019 (COVID-19)):2–6.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) [Internet]. 2020. Available from: https://drive.google.com/file/d/1tPYaKDSYZwvxDm3XvtwF0_OsX-Wh2Re7/view

Komang N, Astini S. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa COVID-19. Cetta J Ilmu Pendidik. 2020;3(2):241–55.

Siahaan SDN, Pramana D. Strategi Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi, Hasil, dan Mutu Belajar Mahasiswa. Ekuitas J Pendidik Ekon. 2020;8(2):97–109.

Riyanda AR, Herlina K, Wicaksono BA. Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. J IKRA-ITH Hum. 2020;4(1):66–71.

Safrida LN, Ambarwati R, Albirri ER. Partisipasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study. J Edukasi. 2017;IV(3):54–8.

Mulyana, Musfah J, Siagian N, Basid A, Saimroh, Sovitriana R, et al. Pembelajaran Jarak Jauh Era COVID-19 [Internet]. Jakarta: Litbangdiklat Press; 2020. Available from: https://simlitbangdiklat.kemenag.go.id/simlitbang/assets_front/pdf/1613366388Pembelajaran_Jarak_Jauh_Era_Covid_19.pdf

Apriyanti S, Putra RA, Anrial. Komunikasi Virtual Mahasiswa dalam Perkuliahan Non Tatap Muka (Studi pada Mahasiswa KPI IAIN Curup). At- Tanzir J Prodi Komun dan Penyiaran Islam. 2020;11(2):157–83.

Siregar N. Analisis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19 di Program Studi Pendidikan Biologi. J PhysEdu Pendidik Fis IPTS. 2021;3(1):37–40.

Chandrawati SR. Pemanfaatan e-Learning dalam Pembelajaran. J Cakrawala Kependidikan. 2010;8(2):172–81.

Basar AM. Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia J Ilm Pendidik. 2021;2(1):208–18.

Jiwandono IS, Setiawan H, Oktaviyanti I, Rosyidah ANK, Khair BN. Tantangan Proses Pembelajaran Era Adaptasi Baru di Jenjang Perguruan Tinggi. Didakt J Pendidik dan Ilmu Pengetah. 2021;21(1):29–36.

Fadhal S. Hambatan Komunikasi dan Budaya dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. In: KOLABORASI LAWAN (HOAKS) COVID-19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi [Internet]. 2020. p. 273–90. Available from: https://eprints.uai.ac.id/1539/1/ILS0001-21_Isi-Artikel.pdf

Findyartini A, Susilo AP, Rizka A, Vleuten C van der, Mohammed CA, Soemantri D, et al. Buku Panduan Adaptasi Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan di Era Pandemi COVID-19 [Internet]. UI Publishing; 2020. Available from: https://fk.ui.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/Buku_Webinar_ISBN.pdf

Amini A, Prasetyo T, Yektyastuti R. Hubungan Antara Pembelajaran Daring dengan Kemandirian Belajar Siswa Selama Pandemi COVID-19. SITTAH J Prim Educ. 2022;3(1):45–59.

Susanty S. Inovasi Pembelajaran Daring dalam Merdeka Belajar. Hospitality. 2020;9(2):1–10.

Lukita D, Sudibjo N. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi COVID-19. Akad J Teknol Pendidik. 2021;10(1):145–61.

Hoang TN. The Effects of Grade Level, Gender, and Ethnicity on Attitude and Learning Environment in Mathematics in High School. Int Electron J Math Educ. 2008;3(1):47–59.

Anugrahana A. Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Sch J Pendidik dan Kebud. 2020;10(3):282–9.

Assidiqia MH, Sumarni W. Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi COVID-19. In: Seminar Nasional Pascasarjana 2020 Unnes [Internet]. 2020. p. 1–6. Available from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Suhada DI, Delviga, Agustina L, Siregar RS, Mahidin. Analisis Keterbatasan Akses Jaringan Internet Terkait Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Desan Talun Kondot, Kec. Panombeian Panei, Kab. Simalungun). J Pendidik Tambusai. 2022;6(1):256–62.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.18.2.185-195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ