Hubungan Pembelajaran Daring dengan Tingkat Stres Ibu dalam Mendampingi Anak Usia 7-10 Tahun

Andita Fitri Aliah, Arlina Wiyata Gama, Ulfah Rimayanti, Dewi Setiawati, Ahmad Sewang

Abstract


Akibat dari pandemi Covid -19, WHO menerapkan pembelajaran via daring, merupakan salah satu metode pembelajarani yang menitik beratkani kepada peran orangtua dalam mendampingi anak selama pandemi. Tujuani penelitiani inii untuki mengetahuii hubungani karakteristik dan pembelajaran daring dengan tingkat stres ibu mendampingi anak usia 7-10 tahun di Makassar. Desaini penelitiani yangi digunakani adalahi analitiki observasionali dengani pendekatani penelitian crossi sectional. Penelitian ini dilakukan di SDN Sambung Jawa, terdapat 133 sampel dalam penelitian ini yang memenuhi ktriteria. Pengukuran tingkat stres dan karakteristik ibu menggunakan kuesioner PSI dan kuesioner demografi. Data diolah menggunakan SPSS dengan uji statistik menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk menguji kenormalitasan data. Untuk uji normalitas data pada variabel memiliki nilaii signifikasii 0,000i lebih kecili darii 0,05i didapatkan data tersebut tidak menyebar normal kemudian dilanjutkan dengani uji Chi Squarei. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan usia ibu, jumlah anak dengani tingkat stres ibu dalam mendampingi anak usia 7-10 tahun didapatkan hasil yang tidak signifikan sedangkan variabel yang lain didapatkan hasil yang tidak signifikan.


Keywords


pembelajaran via daring, tingkat stres, usia ibu, status pekerjaan, jumlah anak

Full Text:

PDF

References


Handarini OI. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Pendidik Adm Perkantoran. 2020;8.

Handayani T. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Fak Tarb dan Ilmu Kegur Progr Stud Pendidik Guru Madrasah Ibtidaiyah Inst Agama Islam Negeri Salatiga. 2020;

Gilang R. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. 1st ed. Nurtika L, editor. Banyumas Jawa Tengah: Lutfi Gilang; 2020.

Fatmawati I, Djamas N, Rahmadani A. Pengaruh Pendampingan Ibu Pekerja Harian Lepas Terhadap Tingkat Stres Akademik Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar. J Ilm Kependidikan. 2021;8(1):12–9.

Purwanto A, Pramono R, Asbari M, Santoso PB, Wijayanti LM, Choi CH, et al. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns J Educ Psychol Couns [Internet]. 2020;2(1):1–12. Available from: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Palintan TA, Mustary E, Ashari N, Safitri D. Peran Ayah dalam Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh. Temu Ilm Nas (TEMILNAS XII) [Internet]. 2021;0(0):144–51. Available from: https://ojs.unm.ac.id/Temilnas/article/view/20027

Nur S, Binti N. Pengaruh anak belajar daring dengan tingkat stress pada orangtua yang mempunyai anak sekolah dasar di indonesia skripsi. 2021;

Sarafino. Health Psychology. 7 edition. Singapore; 2012.

Palupi TN. Tingkat Stres Ibu Dalam Mendampingi Siswa-Siswi Sekolah Dasar Selama Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jp3Sdm. 2021;10(1):36–48.

Maulidya, Adelina, Hidayat. Periodesasi Perkembangan Dewasa. Umsida. 2018;

Rahmi P, Hijriati. Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Progr Stud Pendidik Islam Anak Usia Dini Fak Tarb dan Kegur UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2021;141–54.

Sari DY, Pranaji DK, Yuliati LN. Stres Ibu dalam Mengasuh Anak pada Keluarga dengan Anak Pertama Berusia di Bawah Dua Tahun. J Ilmu Kel dan Konsum. 2021;8(2):80–7.

Alisma Y, Adri Z. Parenting Stress Pada Orangtua Bekerja Dalam Membantu Anak Belajar Di Rumah. PSYCHE J Psikol. 2021;3(1):64–74.

Pratiwi DS, Dundu AE, Kairupan BHR. Analisis Faktor- Faktor yang Memengaruhi Depresi pada Ibu Kandung yang Memiliki Anak dengan Retardasi Mental di Sekolah Luar Biasa Yayasan Pembinaan Anak Cacat Manado. e-CliniC. 2018;6(1):1–7.

Lutfi Afifah, Madyo Maryoto AS. Hubungan Tingkat Stres Ibu Dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid. J Kesehat. 2021;




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.20.1.12-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ