Efektivitas Pembelajaran Praktikum Mikrobiologi sebelum dan selama COVID-19 terhadap Hasil Belajar Mahasiswa FK UNIMUS

Mega Pandu Arfiyanti, Andika Rizqiawan, Ika Dyah Kurniati, Andra Novitasari

Abstract


Mikrobiologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang organisme hidup berukuran mikroskopis. kegiatan praktikum memberikan pengalaman dan keterampilan dasar mikrobiologi klinik bagi mahasiswa. Pandemi Covid 19 menyebabkan pembelajaran menggunakan metode dalam jaringan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar praktikum mikrobiologi daring dan luring Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UNIMUS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 146 mahasiswa UNIMUS angkatan 2018 mengunakan metode daring dan 147 mahasiswa UNIMUS angkatan 2019 menggunakan metode luring. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yaitu nilai praktikum mikrobiologi. Analisis data penelitian menggunakan uji univariat dan bivariate dengan uji Mann Whitney Test. Hasil pembelajaran praktikum mikrobiologi selama daring Mahasiswa FK UNIMUS diperoleh rata-rata sebesar 70,01+11,72. Sedangkan hasil pembelajaran praktikum mikrobiologi selama luring Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIMUS diperoleh rata-rata sebesar 67,59+14,02. Hasil uji Mann Whitney test diperoleh nilai p-value sebesar 0,169. yaitu tidak terdapat terdapat  perbedaan hasil belajar praktikum mikrobiologi daring dan luring Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNIMUS.

Keywords


pandemi, COVID-19, mikrobiologi, praktikum

Full Text:

PDF

References


Shindhy Anggita Saputri Welas Sari. Efektivitas Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Surakarta Pada Praktikum Mikrobiologi Selama Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020. Pendidikan. 2020;4:205.

Habibah SN. Analisis Pemahaman Mahasiswa Kedokteran UNS 2018 Pada Pembelajaran Laboratorium Biomedik. 2019;

Zhafira NH, Yenny E, Chairiyaton. Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. J Bisnis dan Kaji Strateg Manaj. 2020;4(1):37–45.

Ekantini A, Sunan U, Yogyakarta K. Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. J Pendidik Madrasah. 2020;5(2):187–94.

Sadikin A, Hamidah A. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. J Ilm Pendidik Biol. 2020;6(2):109–19.

Suseno N, Riswanto R, Aththibby AR, Alarifin DH, Salim MB. Model Pembelajaran Perpaduan Sistem Daring dan Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Psikomotor. J Pendidik Fis. 2021;9(1):42.

Stevens NT, Holmes K, Grainger RJ, Connolly R, Prior AR, Fitzpatrick F, et al. Can e-learning improve the performance of undergraduate medical students in Clinical Microbiology examinations? BMC Med Educ. 2019;19(1).

Vasquez S. Developing an Online Learning Environment for Community College Students Enrolled in Human Anatomy & Physiology and Microbiology Courses Amid the COVID-19 Pandemic. Electron J Res Sci Math Educ. 2020;24(3).

Fedorchenko VI, Polanska VP, Zachepylo SV, Bobrova NO LG. Analysis of microbiology online teaching in quarantine conditions. easter Ukr Med J. 2021;(0542):40007.

Brockman RM, Taylor JM, Segars LW, Selke V, Taylor TAH. Student perceptions of online and in-person microbiology laboratory experiences in undergraduate medical education. Med Educ Online. 2020;25(1).

Alsoufi A, Alsuyihili A, Msherghi A, Elhadi A, Atiyah H, Ashini A, et al. Impact of the COVID-19 pandemic on medical education: Medical students’ knowledge, attitudes, and practices regarding electronic learning. PLoS One. 2020;15(11 November):1–20.

Baumann‑Birkbeck L, Anoopkumar‑Dukie S, Khan SA, Cheesman MJ, O’Donoghue M, Grant GD. Can a virtual microbiology simulation be as effective as the traditional Wetlab for pharmacy student education? BMC Med Educ. 2021;21(583):1–10.

Koort J, Avall-j S. Redesigning and teaching veterinary microbiology laboratory exercises with combined on-site and online participation during the COVID-19 pandemic. FEMS Microbiol Lett. 2021;368(16):1–8.

Huurun’ien KI, Efendi A, Tamrin AG. Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Schoology dengan Menggunakan Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2015/2016. J Ilm Pendidik Tek Kejuru. 2017;X(2):36–46.

Islamiyah M, Widayanti L. Efektifitas Pemanfaatan E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STMIK Asia Malang Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. J Ilm Teknol dan Informasia ASIA. 2016;10(1):41–6.

Fibriana F, Amalia AV. Potensi Kitchen Microbiology untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Hands-on dalam Pembelajaran Mikrobiologi. Unnes Sci Educ J. 2016;5(2):1210–6.

Arias JJ, Swinton J, Anderson K. Online Vs. Face-to-Face : A Comparison of Student Outcomes with Random Assignment. e-Journal Bus Educ Scholarsh Teach. 2018;12(2):1–23.

Kasmahidayat Y, Budiman A, Sabaria R. The Comparison of Offline Class Learning Outcomes by Applying Online Class Learning Models for Practice Subject to the Dancing Art Students, Faculty of Art and Design Education, Indonesia University of Education. In: Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 2021. p. 185–90.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.19.1.42-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ