Hubungan Motivasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pengambilan Keputusan untuk tetap Memilih KB Mandiri IUD di Kelurahan Rawa Terate Jakarta Timur

Elli Hidayati

Abstract


Sejak tahun 1983 program KB telah berkembang pesat dan menjadi suatu gerakan dimasyarakat. Pelayanan KB sudah dilaksanakan melalui klinik pemerintah,klinik swasta,dokter dan bidan praktik swasta. Data SDKI 2002/03 ditemukan sekitar 63 % peserta KB memilih tempat pelayanan swasta.Berdasarkan hasil pengamatan jumlah akseptor KB mandiri mengalami ketidakstabilan dalam setiap tahunnya. Tahun 2007 jumlah peserta KB mandiri IUD (Intrauterine Device) 413 orang, tahun 2008 sebanyak 250 orang dan tahun 2009 sebanyak 440 orang. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kualitas pelayanan terhadap pengambilan keputusan untuk tetap memilih KB mandiri IUD. Jenis desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif, dengan pendekatan cross sectional,Am penelitian ini bersifat kuantitatif, dimana populasinya adalah seluruh akseptor yang aktif dengan KB mandiri IUD yang berada diwilayah kelurahan Rawa Terate sebanyak 440 responden tahun 2009,dengan jumlah sampel sebanyak 82 responden, cara pengambilan sampel menggunakan proposional masing-masing RW dalam satu kelurahan Rawa Terate,tehnik pengumpulan data dengan questioner, dan pengolahan data dilakukan dengan analisis univariat, analisis bivariat dengan chi-square. Hasil penelitian dengan analisis univariat didapatkan distribusi frekuensi pengambilan keputusan untuk tetap memilih KB mandiri IUD dengan jawaban sangat setuju 50 %, Motivasi untuk tetap memilih KB mandiri IUD 87,8%, dan kualitas pelayanan 43,9 %, Sementara hasil analisis bivariat variabel yang secara signifikan berhubungan dengan pengambilan keputusan untuk tetap memilih KB mandiri IUD adalah kualitas pelayanan dengan nilai p < dari 0,05. Penelitian ini merekomendasikan perlunya meningkatkan pelayanan KB khususnya mengenai penyuluhan dan konseling Kontrasepsi IUD agar akseptor mempunyai motivasi yang tinggi untuk ber-KB.

Keywords


Kontrasepsi, IUD (Intrauterine Device), Keluarga Berencana

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.11.1.15-20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ