Gambaran dan Cara Pengendalian Paparan Timbal (Pb) yang dialami Petugas Penjaga Pintu Tol Serang Timur Banten

Elliza Fitri, Triana Srisantyorini

Abstract


Tingkat pencemaran udara di Indonesia semakin memprihatinkan Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia, yakni sekitar 85%.Timbal secara umum dikenal dengan sebutan timah hitam, biasa digunakan sebagai campuran bahan bakar bensin.Timbal bersama bensin dibakar dalam mesin dan sisanya ± 70% keluar bersama emisi gas buang hasil pembakaran.Jalan tol merupakan jalan alternatif lintas jalan umum yang telah ada dan dilalui berbagai jenis golongan kendaraan roda empat. Emisi gas buang dari kendaraan yang melewati jalan tol akan terhirup oleh petugas penjaga pintu tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan cara pengendalian paparan timbal yang dialami oleh petugas penjaga pintu tol. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Desain studi ini digunakan untuk menggaali informasi lebih dalam tentangcara pengendalian paparan timbal (Pb) yang dialami petugas penjaga pintu tol Serang Timur Banten tahun 2013. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2013.Jumlah informan 9 orang dengankriteria masa kerja> 1 tahun di pintu tol Serang Timur.
Hasil penelitian pada bulan Juni 2013 kendaraan yang melintas gerbang tol Serang Timur sebanyak 662.244 unit kendaraan. Hasil pemeriksaan kadar timbal (Pb) dalam darah petugas penjaga pintu tol Serang Timur berkisar antara 0,0376 - 0,1322 mg/1, hasil pemeriksaan tersebut masih di bawah Indeks pemaparan biologis (300 jj.g/1 = 0,3 mg/1). Hasil pemeriksaan kadar timbal di udara gerbang tol Serang Timur adalah 0,09 pg/Nm3 dan melebihi NAB yaitu 0,05 mg/m3. Cara pengendalian paparan timbal dengan menggunakan masker dan suplemen makanan tabahan masih belum optimal.Saran bagi perusahaan untuk memberlakukan penggunaan masker bagi petugas pintu tol.

Keywords


Pb, Emisi, Kadar timbal diudara, Kadar timbal dalam darah, Petugas pintu tol

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.11.1.21-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ