Perilaku Perawatan Diare pada Anak Balita di Wilayah Puskesmas Kecamatan Pulogadung Jakarta

Eviana S Eviana S Tambunan

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui gambaran perilaku perawatan diare pada anak balita di wilayah puskesmas Kecamatan Pulogadung, Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan fenomologi. Informan adalah ibu rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber, memasukkan data hasil wawancara dan observasi ke komputer dan mengorganisasikan dalam bentuk transkrip, meringkas data yang telah di entry dalam bentuk matriks, penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk selanjutnya ditampilkan dalam bentuk naratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak membersihan payudara sebelum meneteki (2) mencuci tangan tanpa menggunakan sabun saat memberikan makan pada anak ataupun menceboki anak, (3) menggunakan air galon isi ulang untuk minum tanpa merebus, (4). cara pencucian alat makan maupun botol susu yang kurang tepat (6) penggunaan obat diare yang tidak tepat. Untuk itu diperlukan pendidikan kesehatan denagnpenggunaan media yang komunikatif dan melakukan pemantauan melalui kunjungan rumah untuk memonitor kemampuan keluarga dalam mengatasi masalah kesehatan keluarganya terutama dalam penanganan diare pada anak.

Keywords


Perilaku, Perawatan Diare, Anak Balita

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.11.1.54-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ