Praktik Pemberian MPASI pada Anak Usia 6-11 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Ciputat Timur, Tangerang Selatan

Sugiatmi Sugiatmi

Abstract


Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) dini berhubungan secara bermakna terhadap peningkatan pertumbuhan yang terlalu cepat dan tidak sesuai usia bayi menyebabkan kegemukan (“overweight”) dan terjadinya penyakit jantung koroner. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi mendalam tentang praktik pemberian MPASI pada anak umur 6-11 bulan di Ciputat Timur, Tangerang Selatan yang dilakukan pada bulan November 2014. Data diperoleh melalui wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara kepada ibu sebagai informan, suami, kader posyandu dan bidan sebagai informan kunci. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjamin keabsahan data.
Pengolahan data menggunakan program EZtex, sedangkan analisis data menggunakan analisis content. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan, pendidikan dan pekerjaan tidak rnenunjukkan ada perbedaan dalam pemberian MPASI. Harga, ketersediaan saran, dukungan suami, kader kesehatan dan bidan berhubungan dengan pemberian MPASI yang baik. Pemberian informasi secara rutin dengan melibatkan suami penting untuk meningkatkan pemahaman informan tentang MPASI, pelatihan kader dan bidan secara rutin penting untuk meningkatkan kapasitas dalam memberi informasi kepada ibu.

Keywords


MPASI, anak usia 6-11 bulan, ketersediaan sarana, suami, bidan.

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.11.1.66-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ