Motif Kepesertaan dan Partisipasi Pembayaran luran Peserta Perorangan dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Studi Kasus di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan

Renny Nurhasana

Abstract


Penelitian ini membicarakan motif atau alasan menyebabkan peserta perorangan bergabung dalam JKN Kesehatan. Selain itu, mendiskusikan kesinambungan pembayaran peserta perorangan. Peserta perorangan adalah kategori peserta yang mendaftarkan diri mandiri karena termasuk pekerja informal wiraswasta yang juga membayarkan iuran JKN sendiri. Tujuan umum penelitian ini mengetahui informasi yang mendalam mengenai motif atau alasan peserta perorangan bergabung dan berpartisipasi dalam kesinambungan pembayaran iuran BPJS Kesehatan di Kelurahan Lenteng Agung. Penelitian dilaksanakan di Kelurahan Lenteng Agung Kecamatan Jagakarsa Kotamadya Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta sebagai wilayah kajian. Wilayah ini termasuk wilayah yang mayoritas penduduk sebesar 53,9% bekerja di sektor informal yang merupakan potensi peserta perorangan JKN. Melalui wawancara mendalam, fokus grup diskusi dan hasil observasi peneliti, dilakukan pengaturan informasi, koding serta pembuatan matriks dan analisis data berupa analisis isi. Program terobosan pemerintah dalam JKN ini baik karena memperhatikan jaminan kesehatan. Kekurangan program JKN antara lain masih ada biaya yang ditagihkan di rumah sakit dan antri panjang dalam mendapatkan pelayanan. Motif yang mempengaruhi peserta perorangan bergabung dalam JKN adalah faktor sosial dan teman sebaya, budaya, ekonomi, dan keamanan masa depan. Dari peserta perorangan yang diteliti diketahui setengahnya tidak sinambung membayarkan iuran karena ketidaktersediaan alokasi uangiuran, ketiadaan denda dan ketiadaan blokir apabila menunda pembayaran.

Keywords


Motif kepesertaan, partisipasi, pembayaran iuran, peserta perorangan, BPJS Kesehatan

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.11.1.80-90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ