Korelasi Antara Hasil Ujian Kognitif Tahap Akademik dan Profesi dengan Hasil Uji Kompetensi Dokter Indonesia di Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Amir Syafruddin, Gandes Retno Rahayu, Yayi Suryo Prabandari

Abstract


Kemampuan kognitif merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki seorang mahasiswa kedokteran untuk dapat menguasai basic medical knowledge yang kemudian berkembang menjadi clinical knowledge. Kemampuan kognitif ini di uji melalui Uji Kompetensi Dokter Indonesia. Uji Kompetensi Dokter Indonesia merupakan bentuk evaluasi yang diselengarakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengetahui tingkat kompetensi dokter yang telah dihasilkan oleh institusi pendidikan kedokteran. Tingkat keberhasilan Uji Kompetensi Dokter Indonesia dipengaruhi oleh proses selama pendidikan di kedokteran yang dilalui dengan dua tahap, yakni tahap akademik dan tahap kepaniteraan. Penelitian ini ingin melihat hubungan kemampuan kognitif tahap akademik dan tahap kepaniteraan dengan hasil UKDI. Melihat korelasi hasil uji kognitif pada tahap akademik dan kepaniteraan dengan hasil UKDI dalam kurun waktu satu tahun dari tahun 2011 hingga 2012 .Metode penelitian korelasi yang diawali dengan analisis dengan Pearson product moment yang kemudian dilanjutkan dengan analisis regresi multivariat. Didapatkan bahwa tingkat hubungan antara uji kognitif tahap akademik dengan UKDI adalah positif namun lebih banyak termasuk dalam kategori rendah (r= 0,20 - ,399), sedangkan tingkat hubungan antara uji kognitif tahap kepaniteraan juga positif tapi lebih banyak bagian termasuk dalam kategori sangat rendah (r = 0,00-0,199). Kemampuan uji kognitif tahap akademik memilki tingkat hubungan yang rendah terhadap nilai keberhasilan UKDI, sedangkan hasil uji kognitif pada tahap kepaniteraan sangat rendah hubungannya untuk keberhasilan di UKDI.

Keywords


Evaluasi, kompetensi, kognitif, dan korelasi.

Full Text:

PDF

References


-




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.10.2.82%20-%2092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ