Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap LoyalitasPasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul

Mahendro Prasetyo Kusumo

Abstract


RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah Rumah Sakit kelas C dengan kapasitas 133 tempat tidur.
BedOccupational Rate (BOR) selama 5 tahun terakhir berkisar 57% sampai 67%. Biaya operasional hampir
seluruhnya berasal dari pemasukan pasien, sehingga kedudukan konsumen sangat vital. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganilisis faktor-faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien di RS
tersebut.Jenis penelitian observational andsurvey research dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua
pasien rawat inap. Jumlah sampel 120 orang. Analisis data menggunakan regresi linier.Diperoleh hasil
koefisien korelasi 0,755 hal ini menunjukan bahwa bauran pemasaran (X) berpengaruh kuat terhadap loyalitas
pasien (Y). Persamaan regresi yang didapat Y = -0,020X1 + 0,017X2 + 0,024X3 + 0,100X4 + 0,065X5 +
0,096X6 + 0,315X7. Nilai koefisien determinasi (R2
) 0,542, nilai F hitung 21,157, signifikansi (p) 0,000
dengan tingkat kepercayaan 95%. Faktor Bauran Pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat
inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah bangunan fisik (4,347, p=0,000) dan proses (2,320, p=0,022).
Sedangkan variabel lain tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah
Bantul, yaitu product (0,354, p=0,724), price (0,287, p=0,775), place (0,47, p=0,639), promotion (1,633, p=
0,105), people (1,133, p=0,260).Faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat
inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah bangunan fisik dan proses.
Kata Kunci: bauran pemasaran, loyalitas pasien




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.12.1.23-31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ