Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap LoyalitasPasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul
DOI:
https://doi.org/10.24853/jkk.12.1.23-31Abstrak
RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah Rumah Sakit kelas C dengan kapasitas 133 tempat tidur. BedOccupational Rate (BOR) selama 5 tahun terakhir berkisar 57% sampai 67%. Biaya operasional hampir seluruhnya berasal dari pemasukan pasien, sehingga kedudukan konsumen sangat vital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis faktor-faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien di RS tersebut.Jenis penelitian observational andsurvey research dengan pendekatan cross sectional. Populasi semua pasien rawat inap. Jumlah sampel 120 orang. Analisis data menggunakan regresi linier.Diperoleh hasil koefisien korelasi 0,755 hal ini menunjukan bahwa bauran pemasaran (X) berpengaruh kuat terhadap loyalitas pasien (Y). Persamaan regresi yang didapat Y = -0,020X1 + 0,017X2 + 0,024X3 + 0,100X4 + 0,065X5 + 0,096X6 + 0,315X7. Nilai koefisien determinasi (R2) 0,542, nilai F hitung 21,157, signifikansi (p) 0,000 dengan tingkat kepercayaan 95%. Faktor Bauran Pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah bangunan fisik (4,347, p=0,000) dan proses (2,320, p=0,022). Sedangkan variabel lain tidak berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul, yaitu product (0,354, p=0,724), price (0,287, p=0,775), place (0,47, p=0,639), promotion (1,633, p= 0,105), people (1,133, p=0,260).Faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Bantul adalah bangunan fisik dan proses. Kata Kunci: bauran pemasaran, loyalitas pasien##submission.downloads##
Diterbitkan
2017-08-18
Terbitan
Bagian
Artikel