Hubungan Antara Umur dan Masa Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Pekerja Laundry

Erna Novita Sari, Lina Handayani, Azidanti Saufi

Abstract


Salah satu penyakit akibat kerja yang dapat muncul sewaktu-waktu adalah Musculoskeletal Disorders (MSDs). Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah keluhan pada bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seseorang mulai dari keluhan yang sangat ringan sampai sangat sakit. Musculoskeletal Disorders (MSDs) dapat dipengaruhi beberapa faktor yang terdiri dari umur, masa kerja, dan sikap kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara umur dan masa kerja keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada pekerja Laundry di Jalan Prof. Dr. Soepomo Janturan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Cross Sectional. Responden merupakan pekerja laundry di Jalan Prof. Dr. Soepomo Janturan Yogyakarta yang berjumlah 35 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map. Analisis bivariat dengan uji statistik Chi Square dan uji alternatifnya yaitu uji Fisher. Responden yang mengalami keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) lebih banyak yaitu 22 responden (62,9%). Responden yang berumur >30 tahun lebih banyak yaitu 20 responden (57,1%). Responden yang memiliki masa kerja <5 tahun lebih banyak yaitu 30 responden (85,8%). Ada hubungan antara umur dengan keluhan MSDs dengan nilai p= 0,005 < α (0,05) dan tidak ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan MSDs dengan nilai p= 0,630 > α (0,05). Ada hubungan antara umur dengan keluhan MSDs namun tidak ada hubungan antara masa kerja dengan keluhan MSDs.

 

Kata kunci: Musculoskeletal Disorders (MSDs), umur, masa kerja


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2006, Upaya kesehatan kerja sektor informal di Indonesia, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat dan Direktorat Bina Peran Serta Masyarakat.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2006,Glosarium data dan informasi kesehatan RI,www.depkes.go.id/download.php?file/pusdatin/glosarium-2006.pdf, Diakses pada tanggal 1 Mei 2016.

Enrico, M.J., Kawatu, P.A.T., dan Kandou, G.D., 2016, Hubungan Antara Umur, Lama Kerja, Dan Getaran Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Supir Bus Bus Trayek Bitung-Manado Di Terminal Tangkoko Bitung Tahun 2016, Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT Vol. 5 No. 1 Februari 2016 ISSN 2302 – 2493, Hal 297-302.

Uginiari, Nyoman, N., dan Primayanti,Dewa, A.I.D., 2013, Gambaran Distribusi Keluhan Terkait Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Tukang Suun Di Pasar Anyar Buleleng Tahun 2013. E-Jurnal Udayana, Vol. 3 No. 5, Universitas Udayana, Bali.

Rivai, W.T., Ekawati, dan Jayanti, S., 2014, Hubungan Tingkat Risiko Ergonomi Dan Masa Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Pemecah Batu,Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) Volume 2, No 3. FKM UNDIP, Semarang.

Suma’mur, 2009, Higiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja (Hiperkes), Jakarta: Sagung Seto.

Tarwaka, 2015, Ergonomi Industri, Harapan Press: Surakarta.

Ahmad dan Budiman, 2014, Hubungan Posisi Duduk dengan Nyeri Punggung Bawah Pada Penjahit Vermak Levis di Pasar Tanah Pasir Kelurahan Penjaringan Jakarta Utara Tahun 2014, JurnalKesehatan, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Volume 11 Nomor 3.

Risyanto, 2008, Pengolahan dan analisa data kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika.

Arofah, Iva, K., 2012, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders (Msds) Pada Buruh Angkut Dipasar, Skripsi: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang: Semarang.

Handayani, Wita, 2011, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja di Bagian Polishing PT. Surya Toto Indonesia. Tbk Tangerang Tahun 2011, Skripsi : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Stanton, 2005, Handbook Of Human Faktor And Ergonomic Method, America USA : CRC Press.

Erdiansyah, Muhamad, 2014, Hubungan Tingkat Risiko Postur Kerja Berdasarkan Metode Rula Dengan Tingkat Risiko Keluhan Muskuloskeletal Pada Pekerja Manual Handling Di Pabrik Es Batu Pt. Sumber Tirta Surakarta, Skripsi : Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta.

Mutiah, A., Setyaningsih, Y., dan Jayanti, S., 2013, Analisis Tingkat Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) Dengan The Brief Survey Dan Karakteristik Individu Terhadap Keluhan Msds Pembuat Wajan Di Desa Cepogo Boyolali, Jurnal Kesehatan Masyarakat 2013, Volume 2 Nomor 2.

Nurliah, Aah, 2012, Analisis Risiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Operator Forklift di PT. LLI 2012, Tesis : Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Indonesia : Depok.

Bukhori, Endang, 2010, Hubungan Faktor Risiko dengan Terjadinya keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Tukang Angkut Beban Penambang Emas di Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Tahun 2010, Skripsi : Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah : Jakarta.

Budiono, A. M. Sugeng, et al, 2003, Bunga Rampai Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Undip: Semarang.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.13.2.183-194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ