Pengaruh Senam Yoga terhadap Kesiapan Fisik dan Psikologis dalam Menghadapi Persalinan di BPM Lasmitasari, S.ST

Ni Wayan Kurnia Widya Wati, Salasiah Supiyati, Khairiatul Jannah

Abstract


Yoga merupakan sistem kesehatan yang bersifat holistik baik jiwa, pikiran dan tubuh yang dilakukan dengan sistem gerak yang halus tidak menghentak dengan panduan pernafasan yang harmonis. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang penulis lakukan di Bidan Praktik Mandiri dengan wawancara, sebagian besar ibu hamil belum mengetahui manfaat senam yoga pada masa kehamilan, hal ini dilihat dari rutin atau tidaknya ibu melakukan senam yoga di BPM Lasmitasari, S.ST sehingga ibu masih merasakan kecemasan dan susah tidur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh senam yoga ibu hamil terhadap kesiapan fisik dan psikologis dalam menghadapi persalinan di BPM Lasmitasari, S.ST tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan terhadap 40 responden ibu hamil yang mengikuti senam yoga hamil. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square menunjukkan bahwa dengan α<0.05 didapatkan ρ=0.00 yang berarti kurang dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang artinya ada pengaruh senam yoga ibu hamil terhadap kesiapan fisik dan psikologis dalam menghadapi persalinan di BPM Lasmitasari, S.ST tahun 2016. Diharapkan dapat menjadi bahan untuk menambah pengetahuan mengenai senam yoga hamil dan ibu hamil bisa melakukan senam yoga hamil secara teratur karena senam yoga hamil mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil terhadap kesiapan fisik dan psikologis dalam menghadapi persalinan.

 

Kata Kunci: senam yoga, kesiapan fisik dan psikologis, ibu hamil


Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Situasi Kesehatan Ibu [Internet]. Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. p. 8. Available from: www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-ibu.pdf

Anggara D. Hubungan Faktor Demografis, Psikologis Ibu dan Organisasi dengan Pemanfaatan Pelayanan Jaminan Persalinan (Jampersal) Tahun 2013 di Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Universitas Sumatera Utara; 2014.

Perry SE, Hockenberry MJ, Lowdermilk DL, Wilson D. Maternal Child Nursing Care, 4th Edition. Mosby: Elsevier; 2010.

Knowledge R. Insomnia dan Gangguan Tidur Lainnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo; 2004.

Perry SE, Lowdermilk DL. Maternity Nursing (7th, Seventh Edition). Mosby: St. Louis; 2004.

Beddoe AE, Yang C-PP, Kennedy HP, Weiss SJ, Lee KA. The Effects of Mindfulness-Based Yoga During Pregnancy on Maternal Psychological and Physical Distress. J Obstet Gynecol Neonatal Nurs [Internet]. 2009;38(3):310–9. Available from: http://jognn.awhonn.org

Rusmita E. Pengaruh Senam Hamil Yoga Selama Kehamilan Terhadap Kesiapan Fisik dan Psikologis Dalam Menghadapi Persalinan Pada ibu Hamil Trimester III di Rumah Sakit Ibu dan Anak Limijati Bandung. Universitas Indonesia; 2015.

Krisnadi SR. Yoga untuk Kehamilan : Sehat, Bahagia, dan Penuh Makna [Internet]. Jakarta: Qanita; 2010. Available from: http://www.bukukita.com

Wiadnyana MS. The Power Of Yoga For Pregnancy and Post-Pregnancy. Jakarta: Taruna Grafika; 2011.

Indiarti MT. Pendahuluan Lengkap Kehamilan, Persalinan dan Perawatan Bayi (10th ed). Yogyakarta: Diglossia Media; 2009.

Hariyanto M. Pengaruh Senam Yoga Terhadap Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III di Praktik Bidan Mandiri Kabupaten Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2015.

Widdowson R. Yoga for Pregnancy. London: Heron Quays Dockland; 2001.

Basford L, Slevin O. Teori dan Praktik Keperawatan Pendekatan Integral Pada Asuhan Pasien. Jakarta: Gramata; 2006.

Stoppard M. Conception Pregnancy and Birth: Ensiklopedia Kehamilan. Surabaya: Erlangga; 2008.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.14.1.39-47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ