Analisis Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Farmasi Pada Pasien Rawat Jalan Di Rsi Siti Rahmah

Sevilla Ukhtil Huvaid, Nurmaines Adhyka, Evrinda Antika

Abstract


Waktu Tunggu pelayanan resep adalah lamanya waktu yang dihitung mulai pasien menyerahkan resep kepada petugas farmasi sampai dengan obat diterima oleh pasien. Berdasarkan standar pelayanan minimal, waktu tunggu pelayanan resep obat jadi yaitu ≤30 menit dan obat racikan yaitu ≤60 menit. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis waktu tunggu pelayanan di instalasi farmasi rawat jalan di Rumah Sakit Islam Siti (RSI) Rahmah Padang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam dan observasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada informan kunci. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu pelayanan farmasi rawat jalan RSI Siti Rahmah belum sesuai dengan standar. Rata-rata waktu tunggu mendapatkan obat racikan 2 jam 3 menit 3 detik, untuk waktu tunggu obat jadi adalah 1 jam 27 menit. Hal yang menjadi penghambat lamanya waktu tunggu adalah kurangnya jumlah sumber daya manusia, dokter yang tidak bisa dihubungi untuk konfirmasi resep serta adanya kendala alat. Dalam kegiatan pelayanan di instalasi farmasi sering ditemukan kendala pada lumpang, timbangan digital yang error, blender yang tidak berfungsi. Diharapkan rumah sakit segera melakukan rekruitmen untuk menambah tenaga kefarmasian serta melakukan pengajuan untuk penambahan alat dan melakukan pemeliharaan rutin.


Keywords


farmasi, rumah sakit, waktu tunggu

Full Text:

PDF

References


Kementrian Kesehatan RI. PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO TERINTEGRASI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN. 2019;

Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Kementrian Kesehat Republik Indones. 2014;(Augus):12.

Simanjuntak M. Overview of Factors Affecting Waiting Time for Medical Record Services at Outpatient Registration at the Regional General Hospital Dr R.M. Djoelham Binjai 2015. Ilm Perekam Dan Inf Kesehat Imelda. 2016;1(1):21–8.

Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. 2016;147(March).

Kementrian Kesehatan RI. Keputusan Mentri Kesehatan RI No 129 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Kementeri Kesehat RI. 2008;

Nurjanah I, Maramis FR., Engkeng S. Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Kepuasan Pasien di Apotek Pelengkap Kimia Farma. 2016;5(1):362–70.

Rusdianah E. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawata Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. 2-Trik Tunas-Tunas Ris Kesehat. 2017;VII(2011).

Yurizali B, Adhyka N. The Relationship of Patient Satisfaction with the Waiting Time and Fast Track Services : Structural Equation Modelling Test. Proceeding 1st Int Conf Heal Sci Biotechnol (ICHB 2021). 2022;47(Ichb 2021):164–8.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. 3rd ed. Bandung: Alfabeta; 2021. 444 p.

Amaliany A, Hidana R, Maryati H. Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Obat Instalasi Farmasi Rawat Jalan Umum Daerah Kota Bogor Tahun 2018. Promot J Mhs Kesehat Masy. 2018;1(1).

Margiluruswati P, Irmawati L. Analisis Ketepatan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien JKN Dengan Standar Pelayanan Minimal RS 2017 (Studi di UPF Rawat Jalan RSUD Bhakti Dharma Husada). J Manaj Kesehat Yayasan RS Dr Soetomo. 2017;3(1).

Wirajaya MKM, Rettobjaan VFC. Faktor yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit: Sistematik Review. J Kesehat. 2022;13(2):408.

Afqary M, Wiyanti D, Firliah I. Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Racikan Poli Spesialis Anak Pasien BPJS di RS Medika Dramaga Bogor. J Farmamedika [Internet]. 2018;3(2):68–72. Available from: http://ejournal.sttif.ac.id/index.php/farmamedika/article/view/49/45

Purwandari et Al. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi Gedung MCEB Rs Islam Sultan Agung Semarang Nurma. Jurnal Kesehatan Masyarakat. J Kesehat Masy [Internet]. 2017;5(2):103–10. Available from: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/medif/article/view/2293

Purwanto H, Hidayat T, Studi P, Manajemen M, Sakit R, Kedokteran F, et al. Faktor Penyebab Waktu Tunggu Lama di Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Blambangan Factors Causing Long Waiting Time on Outpatient Pharmacy Department Services at Blambangan General Hospital. J Kedokt Brawijaya. 2015;28(2):159–62.

Rerung LT, Oetari R, Herdwiani W. Evaluasi Kualitas Pelayanan dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RS Elim Rantepao Lola’ Tulak Rerung. J Penelit Kesehat Suara Forikes. 2021;12(6):451–8.

Fitriah N, Wiyanto S, Studi P, Manajemen M, Sakit R, Kedokteran F, et al. Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Causes and Solutions for Waiting Time Duration on Drug Services of Hospital Outpatient. 2016;29(3):245–51.




DOI: https://doi.org/10.24853/jkk.19.2.165-172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Kedokteran dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats website statistics
Powered by Puskom-UMJ