SOSIALISASI HIDUP SEHAT DAN PENINGKATAN KEWASPADAAN PADA BERITA HOAKS MELALUI MEDIA SOSIAL

Ahmad Shulhany, Tasya Nur Septi, Arum Febri Nur Hemiyanti, Muhammad Rafi, Neisya Linggadhellya Dyva, Nida Amalia, Nina Khoirunnisa, Ali Akbar

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan hidup sehat dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berita hoaks. Dua hal tersebut sangat penting di masa pantemi COVID-19, khususnya untuk masyarakat perkotaan yang heterogen. Masyarakat di Kelurahan Paninggilan Utara dapat digolongkan sebagai masyarakat kota, karena wilayahnya berada di kawasan Kota Tangerang. Masyarakat perkotaan yang memiliki banyak akses mendapatkan informasi sangat rentan dalam memperoleh berita hoaks. Perlu dilakukannya sosialisasi hidup sehat dan cara menangkal berita hoaks. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini yaitu metode sosialisasi melalui media sosial dan pertemuan virtual melalui zoom dengan tujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan mengenai hidup sehat dan mewaspadai berita hoaks. Hasil sosialisasi dan diskusi bersama masyarakat menunjukkan bahwa masih banyak masayarakat yang belum mengetahui bagaimana pola hidup sehat di masa pandemi dan juga belum banyak masayarakat yang mengetahui bagaimana cara memeriksa berita hoaks. Dengan adanya sosialisasi, diharapkan penyebaran berita hoaks di Kelurahan Paninggilan Utara dapat berkurang.

Keywords


hidup sehat, waspada berita hoaks, media sosial

Full Text:

PDF

References


Anwar, Firdaus. 2021. Mau “Jutek” Sama COVID-19? Dokter Sarankan Diet Ketogenik dan Puasa. Diakses pada 1 Agustus 2021 dari https://health.detik.com/diet/d-5633330/mau-jutek-sama-covid-19-dokter-sarankan-diet-ketogenik-dan-puasa.

Cahyadi, Iman Rahman. 2020. Survei KIC: Hampir 60% Orang Indonesia Terpapar Hoax saat Mengakses Internet. Diakses pada 1 Agustus 2021 dari https://www.beritasatu.com/digital/700917/survei-kic-hampir-60-orang-indonesia-terpapar-hoax-saat-mengakses-internet.

Hairunnisa, H. (2019). Sulitnya Menemukan Obat Baru di Indonesia. Majalah Farmasetika, 4(1), 16-21.

Hermawan, Bayu. 2021. Menkominfo Ajak Masyarakat tidak Termakan Hoaks Soal Vaksin. Diakses pada 1 Agustus 2021 dari https://www.republika.co.id/berita/qpv5vi354/menkominfo-ajak-masyarakat-tidak -termakan-hoaks-soal-vaksin.

Rossa, Vania, & Efendi, Dini Afrianti. 2021. Dokter Spesialis Paru: Pasien Covid-19 Tidak Boleh Puasa, Ini Alasannya. Diakses pada 1 Agustus 2021 dari https://www.suara.com/health/2021/04/08/120535/dokter-spesialis-paru-pasien- covid-19-tidak-boleh-puasa-ini-alasannya.




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.4.1.49-54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ