DEKAZI GAMES SEBAGAI MEDIA EDUKASI INTERAKTIF GIZI ANAK SEKOLAH DI ERA 4.0
Abstract
Masalah gizi dalam daur kehidupan biasa disebut dengan istilah “Lingkaran Setan”. Hal ini karena siklus permasalahan gizi tersebut berisikan fase-fase kehidupan yang memiliki rantai permasalahan gizi saling berkaitan dengan fase kehidupan setelahnya. Salah satu fase yang menentukan dalam penanggulangan masalah gizi adalah fase usia anak sekolah. Edukasi gizi dengan menggunakan metode pembelajaran di era 4.0. dapat menjadi salah satu upaya untuk meingkatkan kesehatan dan gizi anak sekolah berkaitan dengan daur kehidupan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi siswa anak sekolah dengan media edukasi games daur kehidupan (DEKAZI Games). Kegiatan dilakukan di SIT SD Plus Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor secara daring pada bulan Agustus 2021. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri tiga tahap yaitu identifikasi masalah gizi, pembuatan website games, dan pelaksanaan program. Efektifitas media edukasi games DEKAZI di evaluasi dengan menggunakan pre-post tests. Post-tests dilakukan setelah siswa diberikan kesempatan untuk memainkan games selama tiga hari. Hasil dari kegiatan ini didapatkan peningkatan pengetahuan dengan rata-rata sebesar 18% yakni dari 69% siswa yang menjawab benar saat pre-test menjadi 84% siswa yang menjawab benar saat post-test. Oleh karena itu, games ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan gizi dalam daur kehidupan, khususnya anak usia sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agata, A. (2015). Analisis pengaruh komunikasi internal, kepemimpinan, dan pelatihan terhadap kinerja karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Produksi PT. Temprina Media Grafika Jawa Pos Group Cabang Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.
Amira dan Setyaningtyas. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar dalam pemilihan jajanan sehat: literature review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 16(2), 130–138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130–138
Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. Jurnal Gizi Dan Pangan, 11(3), 201–210. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/ article/view/16455/12074
Budiman & Riyanto A. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.
Ghaffari, M., Hatami, H., Rakhshanderou, S., & Karimi, H. (2017). Effectiveness of Snackcentered Nutrition Education on Promoting Knowledge, Attitude, and Nutritional Behaviors in Elementary Students. Title. International Journal of Pediatrics, 12(5), 6495–6502. https://doi.org/doi:10.22038/IJP.2017.24531.2067
Kemenkes RI. (2020). Gizi saat Remaja Tentukan Kualitas Keturunan. https://www.kemkes.go.id/article/view/20012600004/gizi-saat-remaja-tentukan-kualitas-keturunan.html
Langer, A., Meleis, A., Knaul, F. M., Atun, R., Aran, M., Arreola-Ornelas, H., Frenk, J. (2015). Women and Health: the key for sustainable development. The Lancet, 386(9999), 1165–1210. https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.1016/S0140-6736(15)60497-4
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta.
Pritasari, Damayanti, D., dan Lestari, N. (2017). Gizi Dalam Daur Kehidupan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Riskesdas. (2018). Laporan Utama Nasional Riskesdas 2018.
Soetjah N. IG,N, G. R. (2016). Tumbuh Kembang Anak. EGC.
Titisari N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anemia Pada Siswa Sdit Al-Falaah Sambi Boyolali [Universitas Muhammaadiyah Surakarta]. http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/70474
DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.4.1.19-24
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.